Wali Kota Medan Tinjau Pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 dan USBN di SD Swasta Cenderamata

dibaca 309 pembaca

Wali Kota Medan Tinjau Pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 dan USBN di SD Swasta Cenderamata

Wali Kota Medan Drs.H. T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Negeri 1 Medan, jalan Bunga Asoka, Senin (22/04). Selain meninjau UNBK Tingkat SMP, Wali Kota Medan juga meninjau pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD di SD Swasta Cenderamata, Jalan Pabrik Padi, Medan Petisah.

Peninjauan yang dilakukan Wali Kota Medan didampingi Asisten Umum, Renward Parapat dan Kadis Pendidikan Kota Medan Drs Marasutan ini guna memastikan kelancaran proses ujian di setiap sekolah.

Saat tiba di SMP Negeri 1 Medan sekitar pukul 07:50 , Wali Kota Medan yang disambut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan, Lisnawati Susman langsung meninjau kelas tempat berlangsungnya UNBK. Dari peninjauan tersebut tampak siswa -siswi tengah berada di depan komputer atau laptop guna mengikuti UNBK.

Dari hasil peninjauan, Wali Kota Medan menyatakan pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 1 Medan berjalan dengan lancar dan tidak ada hambatan. Selain itu tahun ini seluruh SMP di kota Medan melaksanakan UNBK, walaupun demikian untuk perangkat komputer atau laptop sebagian masih menggunakan milik siswa. Tetapi di tahun 2020 Pemko Medan akan menyediakan fasilitas laptop tersebut.

"Alhamdulillah pelaksanaan UNBK hari pertama di Kota Medan berjalan dengan lancar. Diharapkan kondisi ini berlangsung hingga hari terakhir. Selain itu Kita juga berharap hasilnya cukup baik dan kelulusan mencapai 100 persen. Di tahun pertama pelaksanaan UNBK tingkat SMP di seluruh kota Medan, kita masih menggunakan perangkat laptop milik siswa, akan tetapi di tahun 2020, Pemko Medan akan melalui Dinas Pendidikan akan menambah fasilitas laptop, sehingga tidak menggunakan milik siswa lagi" jelas Wali Kota.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Medan Lisnawati Susman menjelaskan bahwa siswa yang mengikuti UNBK sebanyak 406 Siswa. Mereka dibagi menjadi 4 kelas dan 3 gelombang. Gelombang Pertama pukul 07.30-09.30 WIB, kedua pukul 10.00-12.00 WIB, dan ketiga pukul 14.00-16.00 WIB.

"Pelaksanaan UNBK tidak ada kendala, untuk perangkat yang disediakan sebanyak 136 Komputer dan yang digunakan 120 komputer sedangkan 16 komputer merupakan cadangan. Sebelum pelaksanaan UNBK, para siswa telah mengikuti simulasi dan pihak sekolah juga menambahkan les kepada seluruh siswa" jelasnya.

Sebelumnya Wali Kota Medan juga meninjau pelaksanaan USBN di SD Swasta Cenderamata, pelaksanaan ujian akhir tingkat SD ini juga berjalan lancar. Wali Kota juga berharap seluruh siswa dapat mengikuti USBN ini dengan hasil yang bagus dan kelulusan 100 persen.

Kepala Sekolah SD Swasta Cenderamata Kiren Kaur Munthe S.Pd menjelaskan, pelaksanaan USBN berjalan lancar. Jumlah seluruh siswa yang mengikuti ujian 93 siswa dengan rincian laki - laki 45 siswa dan perempuan 28 siswi. Mereka dibagi menjadi lima kelas dan mengikuti ujian mulai pukul 07.30 Wib sampai pukul 10.00 Wib.


"Pelaksanaan USBN di SD Swasta Cenderamata berjalan lancar dan tidak ada kendala. Seluruh siswa hadir dan mengikuti ujian dengan baik", jelasnya.


Sementara itu, Jumlah Sekolah dan Peserta UNBK SMP Negeri: 45 sekolah, SMP Swasta 328 sekolah, SMP Terbuka, 3 sekolah, MTs Negeri 4 sekolah, MTs Swasta 76 sekolah sedangkan SD berjumlah 44.571 siswa dan Sekolah penyelenggara berjumlah 903 sekolah.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan