Wali Kota Medan Hadiri Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019

dibaca 188 pembaca

Wali Kota Medan Hadiri Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si.,M.H menghadiri Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 di Lapangan Benteng, Kamis (11/04). Apel Kesiapan Pengamanan Pemilu di wilayah Provinsi Sumatera Utara ini dihadiri langsung Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Apel ini mengusung tema "Soliditas Polri dan TNI didukung seluruh komponen masyarakat siap menjaga NKRI tetap jaya". Netralitas TNI/Polri harga mati juga merupakan komitmen dari kedua institusi tersebut dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019 pada 17 April mendatang.

Apel kesiapan pasukan diikuti sekitar 2.020 personel yang akan bertugas pada pengamanan pemilu nanti, diantaranya prajurit TNI dari Kodam I/BB dan personel kepolisian dari Polda Sumatera Utara. Sebelum pidato dan amanat disampaikan Panglima dan Kapolri, terlebih dahulu dilakukan pengecekan kesiapan pasukan pengamanan. Apel dipimpin oleh Pangdam I/BB Mayjend TNI MS Fadhillah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto.

Selain Wali Kota Medan, hadir dalam Apel, Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajechsah, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Kodim 0201/BS Kol Infr Yuda Rismansyah, Asops panglima TNI Mayjen Ganip Warsito, Analog Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Wadanjen Kopasus Brigjen TNI Mohammad Hasan, Koorsmin Panglima Kolonel Mar Oni Junianto, Asops Kapolri Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Mohammad Iqbal, Karo Provost Mabes Polri Brigjen Pol Hendro Pandowo, Kabag Ops Polri Kombes Pol Waris Agono, Koorspripim Mabes Polri Kombes Pol Ferdy Sambo.

Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto menyampaikan, Pemilu yang akan berlangsung lebih kurang enam hari lagi, seyogyanya disambut gegap gempita pada pemilihan anggota legislatif dan pilpres 2019-2024.

"Situasi dan kondisi di wilayah hukum di Sumut pada H-6 berkat kerja sama TNI Pertama kondisi kamtibmas aman dan relatif kondusif," Kata Kapolda.

Dikatakan Kapolda, Indeks kerawanan pemilu di Sumut saat ini berada di peringkat 28 dari 34 provinsi. Namun hal itu tidak membuat polda dan TNI lengah dan dihimbau tetap siaga dalam pengamanan pemilu. "Polda Sumut mengerahkan 13.002 personel jajaran polres dan dibantu oleh personel Polda Sumut," kata Agus.

Sementara Pangdam I/BB Mayjend TNI MS Fadhillah menyampaikan, dalam rangka pengamanan Pemilu 2019, pihaknya menyiagakan pasukan sejumlah 20.600 prajurit, terdiri 17.238 prajurit AD, 2.032 AL,1330 AU.

"Pada dasarnya TNI di jajaran Kodam I/BB mengatakan kesiapan membantu poldasu dalam rangka pengamanan pilpres dan pileg 2019. Apel gelar pasukan ini dalam rangka untuk mengecek kesiapan aparat gabungan pengamanan mulai tahapan kampanye, pemungutan suara, unjuk rasa. Berharap pengamanan lebih ditingkatkan lagi, sinergitas dan soliditas TNI polri. Tetap jaga netralitas TNI dan polri," ucap Pangdam.

Usai apel pasukan, Kapolri dan panglima juga melakukan pengecekan kesiapan pasukan serta sarana dan prasarana yang mendukung proses pengamanan pada pileg dan pilpres 2019 di Sumut. Kemudian dilanjutkan dengan Pelepasan Patroli Skala Besar TNI-Polri di depan Makodim 0201/BS.

Wali Kota Medan dalam kesempatan tersebut mengungkapkan Pemko Medan terus menghimbau kepada seluruh masyarakat Kota Medan agar tetap menjaga suasana kondusifitas di ibu Kota Provinsi Sumatera Utara ini. Selain itu gunakan hak suara pemilih di Pemilu 2019 ini, artinya jangan golput sebab suara masyarakat menentukan bangsa ini untuk lima tahun mendatang.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan