Tim Penilai Lomba KG PKK KKBPK KES Nasional Verifikasi Kelurahan Sari Rejo Kota Medan

dibaca 300 pembaca

Tim Penilai Lomba KG PKK KKBPK KES Nasional Verifikasi Kelurahan Sari Rejo Kota Medan

Tim penilai lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KG PKK KKBPK-KES) tingkat nasional melakukan verifikasi lapangan ke Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Selasa (09/04). Verifikasi lapangan ini dilakukan guna memastikan profile dan laporan yang ditelah diberikan kepada Tim Penilai Pusat.

Kedatangan Tim yang dipimpin Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Pusat, Rahmawati dan Kepala Biro Keuangan BKKBN Pusat ,Sri Rahayu disambut hangat oleh Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H bersama Ketua TP PKK Kota Medan, Hj.Rita Maharani Dzulmi Eldin SH di Aula Masjid Silaturahim, jalan Cinta Karta, Kelurahan Sari Rejo.

Seperti diketahui Kelurahan Sari Rejo, Medan Polonia mewakili Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara telah berhasil masuk enam besar di tingkat Nasional dalam rangka penilaian PKK-KKBPK-KES. Masuknya Kelurahan Sari Rejo enam besar dalam penilaian setelah bersaing dengan 29 Kabupaten/ Kota se Indonesia yang mengikuti Lomba PKKKKBPK -KES tingkat Nasional.

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si.,M.H dalam sambutannya mengatakan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) diarahkan untuk mewujudkan Nawacita diantaranya membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah- daerah dan desa dalam rangka Meningkatkan kualitas hidup manusia serta melakukan revolusi karakter bangsa.

Menurut Wali Kota dengan berhasilnya Kelurahan Sari Rejo masuk enam besar dalam penilaian lomba PKK-KKBPK-KES, Saya berharap Kelurahan Sari Rejo dapat memberikan yang terbaik pada kunjungan tim Verifikasi lapangan ini sehingga dapat mengharumkan nama PKK Kota Medan Pemko Medan ditingkat Nasional.

"Syukur Alhamdulillah, saat ini Kelurahan Sari Rejo terpilih menjadi salah satu nominasi enam besar penilaian lomba PKK-KKBPK-KES tingkat Nasional, saya mengapresiasi kinerja seluruh tim yang terlibat di kelurahan Sari Rejo yang telah memberikan hasil terbaiknya sehingga masuk nominasi tingkat Nasional", kata Wali Kota.

Melalui Kunjungan tim Verifikasi lapangan ini, Wali Kota Medan mengajak segenap tim PKK, KB dan Kesehatan serta OPD terkait untuk lebih meningkatkan Motivasi dalam berbagai kegiatan PKK. Artinya ada tidaknya penilaian kita harus tetap semangat bekerja. Selain itu diharapkan tiap-tiap keluarga harus mampu melaksanakan peran dan fungsinya secara maksimal dan ciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Pemko Medan Optimis Kelurahan Sari Rejo menjadi Juara lomba PKK-KKBPK-KES di tingkat Nasional. Walaupun demikian pada dasarnya bukan kemenangan menjadi tujuan utama, namun Diharapkan dengan Verifikasi lapangan ini kita jadikan momentum untuk semakin meningkatkan motivasi serta penyempurnaan berbagai program dan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-KES", ungkap Wali Kota.

Tim Verifikasi, Sri Rahayu
Lomba Kesatuan Gerak PKK PPBPK-KES ini merupakan program pembangunan yang salah satu esensinya adalah implementasi dari delapan fungsi keluarga. Artinya program kegiatan KG PKK PPBPK-KES dengan Kampung KB sangat tepat dan diharapkan memiliki daya ungkit yang tinggi untuk keberhasilan program KG PKK PPBPK-KES.

“Program KG PKK PPBPK-KES ini merupakan program dasar pembangunan yang menjadikan keluarga sebagai sasaran utama. Untuk itu terima kasih kepada Kader PKK ini merupakan ujung tombak yang mampu memberdayakan masyarakat dan berpartisipasi dalam mensejahterakan masyarakat dan keluarga melalui 10 program Pokok PKK. Selain itu Apresiasi juga disampaikan kepada Pemerintah Kota Medan atas kerja sama dan dukungan atas program KG PKK PPBPK-KES serta program pembangunan lainnya", ujar Sri Rahayu.

Menurut Sri Rahayu, dalam verifikasi lapangan ini, gambaran Kota Medan dahulu sudah terpatahkan, dengan kebersihan dan kerapian di sepanjang jalan. Selanjutnya untuk Kampung KB Percontohan Kelurahan Sari Rejo telah berhasil masuk enam besar ini berkat dukungan dan keikutsertaan masyarakat. Selain itu hal terpenting adalah komitmen Pemko Medan dalam mewujudkan Kampung KB. Artinya sinergitas Pemerintah Kota dengan Masyarakat dalam program PKK-KKBPK-KES ini sangat penting.

"Dengan hadirnya Wali Kota dan bertemu sapa dengan masyarakat khususnya kader dan keluarga KB akan membuat keluarga semakin sejahtera dan mewujudkan program PKK-KKBPK-KES. Atas dasar itu kami mengapresiasi Pemerintah Kota Medan", jelasnya.

Sebelumnya Ketua TP PKK Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin SH menjelaskan bahwa di Kota Medan telah terbentuk 24 kampung KB yang tersebar di 21 Kecamatan, dimana pertama sekali Pencanangan perdana dilaksanakan di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan pada 10 Mei 2016 silam. Kemudian pada tanggal 18 Juli kembali dicanangkan di Kelurahan Sari Rejo Kecamatan Medan Polonia.

"Alhamdulillah Kelurahan Sari Rejo terpilih menjadi salah satu nominasi enam besar penilaian lomba PKK-KKBPK-KES mewakili Kota Medan dan Provinsi Sumatera Utara di tingkat nasional dan saat ini dilakukan Verifikasi oleh Tim Verifikasi Nasional. Untuk itu semoga kehadiran tim Verifikasi ini menambah motivasi Kader dan keluarga KB di kampung KB", kata Hj Rita.

Dijelaskan Ketua TP PKK Kota Medan, pelaporan kegiatan di kampung KB dapat dilihat secara online dan diakses melalui situs Website WWW.KAMPUNGKB.GO.ID. artinya hasil- hasil kegiatan di Pokja kampung KB pada 24 Kampung KB telah dilakukan pelaporan setiap bulannya sesuai dengan kelurahan yang telah ditetapkan sebagai Kampung KB. Untuk itu lanjut Rita, Diharapkan pelaporan secara online ini memberikan kemudahan bagi masyarakat.

Selanjutnya pertemuan yang dihadiri Sekda Kota Medan Ir. Wiriya AlRahman MM, Direktorat Bina Lini Lapangan BKKBN Pusat, Drs Ade Anwar, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah dan para Pimpinan OPD di lingkungan Kota Medan Serta Anggota TP PKK Kota Medan, diisi dengan Pemaparan Kampung KB dan sesi tanya Jawab.

Usai Pemaparan dan Sesi Tanya Jawab, Tim Verifikasi Lomba KG PKK PPBPK-KES tingkat nasional langsung melakukan verifikasi lapangan dengan mengunjungi Kampung KB salah satunya Mobil Keliling KB dan Rumah Data KB. tim Verifikasi tingkat nasional ini didampingi Ketua TP PKK Kota Medan dan OPD terkait.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan