Wali Kota Medan Buka Kegiatan Lomba Kreasi Gelar Aksi Paskibraka dan Seleksi Calon Paskibraka Kota Medan Tahun 2019

dibaca 231 pembaca

Wali Kota Medan Buka Kegiatan Lomba Kreasi Gelar Aksi Paskibraka dan Seleksi Calon Paskibraka Kota Medan Tahun 2019

Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan, Marah Husin Lubis, SH secara resmi membuka kegiatan lomba kreasi gelar aksi paskibraka dan seleksi calon paskibraka kota Medan tahun 2019, di Lap. Benteng Medan, Selasa (9/4).

Pembukaan lomba ini ditandai dengan penyematan tanda peserta yang dilakukan secara simbolis oleh Kadispora Kota Medan.

Dalam sambutan Wali Kota Medan yang dibaca Marah Husin mengatakan paskibraka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang positif di kalangan para pelajar sekolah menengah sebab paskibraka tidak hanya mengasah ketangkasan baris berbaris, formasi barisan, sistematika tata upacara dan lainya, tetapi juga merupakan sarana latihan kedisiplinan, sikap mental dan perilaku fisik prima serta semangat dan kekompakan antar sesama.

"Itulah nilai-nilai yang sangat positif untuk membentuk pribadi dan karakter setiap insan, khususnya anak-anak ku para pelajar, harus diakui bahwa orang yang menjadi paskibraka dapat dikatakan sebagai orang-orang pilihan, jadi wajar saja paskibraka dapat digolongkan sebagai ekstrakurikuler favorit di setiap sekolah-sekolah."kata Marah Husin.

Disamping itu, lanjut Marah Husin, acara lomba gelar aksi paskibraka di kalangan pemuda kota Medan kali ini pada intinya tidak hanya membentuk pengetahuan, sikap dan prilaku seperti yang disebutkan sebelumnya, tetapi juga ditambahkan nilai-nilai estetika yang berangkat dari kreativitas setiap peserta untuk dapat menunjukkan nilai-nilai keindahan yang ditampilkan dari masing-masing tim utusan dari sekolah.

"Inilah yang menjadi keunggulan dan pembeda dari orang yang biasanya cuman berbaris saja, dalam lomba ini anak-anakku akan menampilkan kesempurnaan dan keselarasan seni gerak berbaris dengan berbagai improviasi yang menarik pandangan kita untuk menyaksikannya."sebut Marah Husin.

Selain lomba kreasi gelar aksi paskibraka, dalam kesempatan ini juga dilakukan seleksi calon paskibraka kota Medan untuk tahun 2019, untuk itu Marah Husin berharap kepada para peserta yang akan berlomba agar mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin.

"Upayakanlah apa yang akan ditampilkan nantinya memiliki nilai-nilai orisinalitas, bukan hasil memplagiat gerakan atau karya keterampilan yang sudah ada sebelumnya, serta akan lebih indah bila dipadukan dengan nilai-nilai yang ada di negeri ini, terutama budaya kota Medan."sebut Marah Husin lagi.

Diakhir sambutan, Marah Husin berpesan kepada para peserta lomba agar terus menjaga sportifitas dalam berlomba dan menjadikan pesaing sebagai teman.

"Jadikanlah persaingan untuk menambah pertemanan antar sesama kalian semua, saya sangat mengharapkan kepada anak-anakku yang berlomba nantinya untuk memiliki orientasi akan nilai persatuan dan kesatuan kepada sesama rekan satu sekolah maupun berbeda sekolah sehingga dapat terbina persahabatan dan saling mengenal satu dengan yang lainya."pesan Marah Husin.

Tidak lupa pula Marah Husin juga berpesan kepada para pelajar untuk selalu menjauhi narkoba, karena narkoba adalah batu sandungan bagi prestasi para pelajar sekalian.

"Saya berharap semakin banyak generasi muda kota Medan yang bebas narkoba, dengan begitu kota Medan akan memiliki harapan untuk lebih berkembang dimasa mendatang."harapnya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan