Pemko Medan Sosialisasikan Perwal No. 7 Tahun 2019 tentang Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial

dibaca 629 pembaca

Pemko Medan Sosialisasikan Perwal No. 7 Tahun 2019 tentang Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial

Pemberian hibah dan ban­tuan sosial dari pemerintah Kota Medan kepada penerima hibah dan bantuan sosial, harus sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, yakni Peraturan Walikota Medan No. 7 Tahun 2019 tentang Pedo­man Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang ber­sumber dari APBD kota Medan.

Demikian disampaikan Wali Kota Me­dan Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H di­wa­­kili Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Irwan Ritonga ketika membuka sosialisasi Peraturan Wali Kota Medan No 7 Tahun 2019 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial di Ruang Rapat III, Kantor Wali Kota Medan, Kamis (28/3).

Dijelaskan Irwan Ritonga, Pemberian Hibah dari Pemerintah Kota Medan atau daerah lainnya, perusahaan daerah, masyarakat dan organisasi ke­masyarakatan bertujuan untuk menun­ja­ng penyelenggaraan urusan pemerintah daerah. Sedang­kan Pemberian Bantuan Sosial dari Peme­rintah Daerah kepada individu, keluar­ga, kelompok dan atau ma­syarakat bertu­juan untuk melindungi dari kemung­kinan terjadinya resiko sosial.

"Dalam Sosialisasi ini kita memberitahukan mulai dari tata cara bermohon, persyaratan kelengkapan dokumen, terpenuhinya syarat kepengurusan dan terpenuhinya masa terdaftar serta terpenuhinya program kegiatan yang mendukung program Pemerintah", jelas Irwan Ritonga.

Menurut Kepala BPKAD, sosialisasi ini cukup penting da­lam ra­ngka mehami penge­lolaan hibah dan bantuan sosial agar ter­cipta tertib ad­ministrasi, akunta­bilitas dan trans­pa­ransi pengelolaan hibah dan bantuan sosial yang ber­sumber dari anggaran penda­pa­tan dan belanja daerah.

"Para pe­nerima hibah dan bantuan sosial agar be­nar-benar dapat dilaksanakan sesuai dengan peraturan yang ada. Artinya jangan coba-coba merekayasa keleng­kapan adminis­trasi­nya, sehingga dapat menjadi berma­salah kedepannya, jelasnya.

Sosialisasi Perwal No. 7 Tahun 2019 ini. diikuti para penerima Hibah dan bantuan sosial dari berbagai Stake Holder dan Organisasi ke­masyara­kata serta OPD terkait. Selain itu Sosialisasi juga diisi dengan pemaparan Narasumber yakni Kepala Kesbangpol Sulaiman Harahap dan perwakilan dari Inspektorat Koa Medan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan