Pemko Medan Beri Pembekalan Pada ASN Yang Akan Purna Tugas

dibaca 147 pembaca

Pemko Medan Beri Pembekalan Pada ASN Yang Akan Purna Tugas

Pemerintah Kota (Pemko) Medan melalui Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD& PSDM) memberikan bimbingan teknis pembekalan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan Purna Tugas di Hotel Grand Antares Medan, Rabu (27/03). Diharapkan Pembekalan ini dapat memberikan pemahaman kepada para ASN sebagai persiapan memasuki masa pensiun.

Bimbingan Teknis Pembekalan yang dibuka Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si.,M.H diwakili Asisten Umum Renward Parapat ini menghadirkan narasumber dari Persatuan Weradhatama Republik Indonesia (PWRI), Drs Hafifudin, Fasilitator dari Bank Sumut, Ainal Fahri Harahap, dan P3M Fakultas Psikologi USU Medan.

Dikatakan Asisten Umum, Usia Pensiun merupakan hal yang alamiah yang ASN pasti mengalami sehingga tidak perlu dirisaukan, tetapi sebaiknya harus diterima dan disambut dengan semangat baru sehingga siap menghadapi kondisi tersebut.

"Saya sangat memahami ASN akan merasakan berbagai hal ketika pensiun diantaranya hilangnya rutinitas pekerjaan dan berkurangnya pendapatan. Untuk itu perlu disadari bahwa masa pensiun merupakan sebuah kesenangan bahkan yang ditunggu oleh ASN. sebab kepada dari rutinitas dan dapat berkumpul dengan Keluarga", kata Asisten Umum.

Selanjutnya Asisten Umum menyampaikan pesan kepada seluruh ASN yang akan Purna Tugas, agar tidak putus asa menghadapi kondisi tersebut, tetapi harus memiliki semangat baru untuk menatap masa depan yang lebih baik saat memasuki masa tua.

"Saya berharap persiapan kondisi fisik dan mental serta selalu melakukan diskusi dengan orang terdekat dan masyarakat di tempat tinggal. Selain itu kembangkan hobi yang mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Artinya jalin terus silaturahmi sesama ASN di lingkungan Kota Medan dan masyarakat yang ada di sekitar tempat tinggal", harap Asmum.

Sementara itu Kepala BKD Dan PSDM Kota Medan, Muslim, diwakili Kabid Mutasi dan Kesejahteraan, Indra Gunawan, menjelaskan bahwa Bimbingan teknis pembekalan pada ASN yang akan Purna Tugas ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang bagaimana cara menghadapi masa pensiun. Sebab dalam menghadapi masa tersebut banyak ASN yang merasa cemas karena tidak beraktivitas seperti biasanya dan pendapatan yang berkurang.

"Kegiatan yang diikuti 150 ASN dari tanggal 27 hingga 28 Maret 2019 ini juga untuk meningkatkan semangat para ASN yang akan memasuki masa pensiun. Sehingga para ASN dapat mengetahui Bagaimana mengisi waktu luangnya bahkan peluang mendapatkan pendapatan", jelasnya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan