Pemko Medan Dukung BPH Migas Bangun Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga

dibaca 68 pembaca

Pemko Medan Dukung BPH Migas Bangun Jaringan Gas Bumi Rumah Tangga

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H diwakili Asisten Ekbang Khairul Syahnan bersama Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Parulian Sihotang meresmikan Jaringan Gas (Jargas) Bumi Rumah Tangga di Kantor Kecamatan Medan Denai, Selasa (26/03). Diharapkan dengan adanya Jargas ini dapat memenuhi kebutuhan energi yang bersih, murah dan ramah lingkungan serta efesien di tengah masyarakat Kota Medan. Dalam peresmian Jargas ini hadir, Sekretaris Ditjen Migas, Iwan Prasetya Adhi, PLT Kepala Badan Pengelola Migas Aceh, Azhari Idris, Anggota DPRD kota Medan, Henrik Halomoan Siregar, perwakilan BPH Migas, Rofiq dan Camat Medan Denai, Hendra Asmilan serta unsur Forkominda Kota Medan.

Dikatakan Wali Kota Medan dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Ekbang, kegiatan pembangunan Jargas Bumi untuk rumah tangga di kota Medan telah dilaksanakan sejak tahun 2018 oleh Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM. Saat ini kompor dirumah masyarakat kota Medan khususnya di kawasan Kecamatan Medan Denai sudah dapat dinyalakan dengan Gas Bumi. Menurut Khairul Syahan, Pembangunan Jargas ini adalah upaya pemerintah untuk memenuhi energi yang bersih, murah dan ramah lingkungan serta efisien. Artinya pengunaan Jargas akan mampu menghemat elpiji sebanyak 216 ton perbulan dan mengurangi subsidi sebesar 1,5 Milyar perbulan.

"Pemko Medan akan terus mendukung terus pembangunan Jargas di seluruh wilayah kota Medan. Untuk itu diharapkan masyarakat dapat mengunakan Jargas ini sehingga juga dapat berperan aktif dalam mengurangi penggunaan gas elpiji yang saat ini sebagian besar masih impor", kata Khairul Syahnan. Sementara itu, Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas, Parulian Sihotang menjelaskan bahwa Pemerintah Indonesia dengan BUMN Migas telah menargetkan jumlah Jargas mencapai 4.7 Juta sambungan rumah tangga hingga tahun 2025 untuk mengurangi impor elpiji dan menekan subsidi elpiji.

"Pemerintah menargetkan 1 juta sambungan Jargas rumah tangga setiap tahunnya mulai tahun 2020 mendatang. Untuk itu kami terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah untuk dapat mendukung pelaksanaan Jargas ini ditengah masyarakat", katanya . Dijelaskan Parulian, Guna memperluas dan memperkuat layanan tersebut, Kemen ESDM mulai 2018, mengebut infrastruktur Jargas baru. Berdasarkan Kepmen ESDM No.8086/K/12/MEM/2017, investasi Jargas itu mencapai Rp52 miliar.

Layanan gas tersebut akan memanfaatkan sumber pasokan gas Triangle Pase Inc, sebesar 0,2 MMSCFD. Secara keseluruhan, akan dibangun sebanyak 5.656 unit sambungan rumah atau SR. Dari jumlah yang terpasang itu, per 22 Maret lalu, SR beroperasi mencapai 1.404 unit. Pembangunan SR baru mencakup wilayah Tegal Sari Mandala, Medan Area, dan Medan Denai. Selanjutnya Peresmian Jargas Bumi Rumah Tangga ini ditandai dengan pengguntingan pita dan pemecahan kendi oleh Asisten Ekbang dan Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas. Kemudian peninjauan langsung ke rumah warga yang sudah terpasang Jargas bumi.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan