Wali Kota Medan Tawarkan Program Sister City Ke Inggris

dibaca 139 pembaca

Wali Kota Medan Tawarkan Program Sister City Ke Inggris

Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H menawarkan program kerjasama Sister City ke Negara Inggris. Tawaran ini disampaikan langsung kepada Wakil Dubes Inggris Rob Fenn saat mengunjungi Kantor Wali Kota Medan, Kamis (21/03). Diharapkan akan ada kota di negara Inggris yang dapat menjalin sister city dengan Kota Medan. Dijelaskan Wali Kota, saat ini Kota Medan telah menjalin sister city dengan beberapa kota yang ada di wilayah Asia, salah satunya kota Ichikawa, Jepang, Gwangju, Korea Selatan dan Chengdu, Cina serta Penang, Malaysia. atas dasar itu besar harapan Pemerintah Kota Medan dapat menjalin sister city dengan salah satu kota di Negara Inggris.

"Dengan adanya hubungan Sister City akan banyak peluang kerjasama yang dapat dilakukan dan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua kota sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat. Apalagi Negara Inggris telah menjalin kerjasama dengan USU dibidang Riset", kata Wali Kota. Selain menawarkan Sister City, Wali Kota Medan juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Medan sangat terbuka untuk para investor asing yang ingin berinvestasi. Atas dasar itu ,Wali Kota juga menawarkan kepada Wakil Dubes Inggris agar para pengusaha asal Inggris dapat berinvestasi di Kota Medan. Dijelaskan Wali Kota, Pemerintah Kota Medan terus melakukan Pembangunan disegala bidang, salah satunya Pembangunan Infrastruktur untuk mengurangi Kemacetan lalu lintas yakni LRT dan BRT. Selain itu Pemko Medan yang difasilitasi Pemerintah Provinsi Sumut juga akan membangun tol dalam kota yang akan dibangun di pinggiran sungai.

"Medan bagian Utara juga akan dibangun Waterfront City, dimana pembangunan satu kawasan industri ini sebagai upaya membangun pusat pertumbuhan bisnis baru untuk menopang pusat kota yang semakin padat. Tentunya dari semua program pembangunan ini diharapkan Investor dari Inggris dapat melakukan investasi di Kota Medan", jelas Wali Kota. Sebelumnya Wakil Dubes Inggris Rob Fenn yang hadir bersama Staf Kedubes John Nickell mengungkapkan bahwa kunjungannya ke kota Medan ini bertujuan untuk melihat perkembangan pembangunan yang ada di Ibu Kota Provinsi Sumut. Setelah mendengar penjelasan yang disampaikan Wali Kota Medan, Wakil Dubes Inggris akan mengajak para pengusaha asal Inggris ke kota Medan untuk melihat peluang investasi yang dapat dikerjasamakan.

"Negara Inggris sangat tertarik menjalin kerjasama dengan negara lain, khususnya Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota. Selain peluang kerjasama dibidang Investasi, Kami juga tertarik dengan tawaran program sister city. Selanjutnya kami akan melihat dan memilih kota di Inggris yang dapat menjalin sister city dengan Kota Medan", jelas Wakil Dubes Inggris. Selanjutnya dijelaskan Rob Fenn, kehadiran dirinya ke Kota Medan juga untuk bertemu dengan dua peneliti Indonesia di Universitas Sumatra Utara (USU) yang berkolaborasi dengan para peneliti Inggris dalam skema kerja sama Newton Fund yang merupakan dana bantuan pemerintah Inggris untuk kemitraan UK-Indonesia Science & Technology Partnership, dibidang Riset. Diakhir pertemuan, Wali Kota Medan memberikan cenderamata dan menyematkan songket Melayu dan topi khas Melayu kepada Wakil Dubes Inggris sebagai ungkapan selamat datang ke Kota Medan.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan