Kecamatan Medan Barat Juara Umum MTQ Ke 52 Tingkat Kota Medan

dibaca 617 pembaca

Kecamatan Medan Barat Juara Umum MTQ Ke 52 Tingkat Kota Medan

Kecamatan Medan Barat berhasil menjadi juara umum dalam perhelatan MTQ ke 52 tingkat Kota Medan. Hal ini diketahui ketika dewan juri mengumumkan nama-nama para pemenang MTQ, Sabtu (16/3).

Dengan demikian Kecamatan Medan Barat berhak membawa pulang piala bergilir MTQ yang diserahkan oleh Wali Kota Medan, Drs. H. T Dzulmi Eldin S.MSi.,M.H dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution,M.Si kepada Camat Medan Barat, Rudi Faizal Lubis, sekaligus menutup secara resmi penyelenggaraan MTQ ke 52 tingkat kota Medan.

Dalam sambutanya Wakil Wali Kota Medan mengatakan MTQ merupakan wahana untuk menumbuhkan semangat membaca dan mempelajari Al-Quran agar benar-benar dijadikan pedoman hidup dalam menghadapi derasnya pengaruh globalisasi bagi umat islam, terutama bagi anak-anak dan generasi muda, karena generasi muda merupakan generasi penerus perjuanga bangsa ini.

Selain itu, menurut Wakil Wali Kota, MTQ juga dijadikan sebagai media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif. Hal ini terbukti MTQ telah menjadi daya dorong yang kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah. Dan yang tidak kalah penting yaitu penyelenggaraan MTQ bisa menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Quran sebagai pedoman dan petunjuk hidup manusia. Oleh Karena itu, Wakil Wali Kota sangat mengapresiasi dan mengucapkan rasa syukur atas suksesnya penyelenggaraan MTQ ke 52 tingkat Kota Medan tahun 2019.

"Alhamdulillah, saya sangat bersyukur, bahagia dan bangga serta mengapresiasi atas kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan MTQ ke 52 tingkat Kota Medan ini, saya berharap melalui penyelenggaraan MTQ ini dapat mengacu pengembangan tilawah, hafalan serta pemahaman terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran."Kata Wakil Wali Kota.

Wakil Wali Kota juga berharap pelaksanaan MTQ ini mampu melahirkan Qari-Qariah yang nantinya mampu mengharumkan nama kota Medan dijenjang MTQ yang lebih tinggi lagi.

"Semoga MTQ kali ini menjadi ajang aktualisasi diri untuk menjadi yang terbaik dan dapat terus melanjutkan ke jenjang berikutnya."harap Wakil Wali Kota.

Disamping pelaksanaan MTQ yang rutin digelar setiap tahunya, Pemko Medan juga telah melaksanakan program magrib mengaji yang terus berjalan lancar hingga saat ini. Karena itu Wakil Wali Kota berpesan kepada para orang tua, ulama, pemuka agama, Kelurahan dan Kecamatan serta lembaga agama islam lainya agar mengajak secara persuasif kepada generasi islam kota Medan untuk mengikuti program tersebut sehingga dapat menggali potensi, minat baca Al-Quran guna menuju generasi Qurani yang cerdas, berprestasi dan berkhalaqul karimah mewujudkan Medan Rumah Kita yang multikultural, berdaya saing, humanis, sejahtera dan religius.

"Mari kita sukseskan gerakan mengqurankan masyarakat dan memasyarakatkan Quran, semoga dengan adanya program ini memberikan pengaruh positif kepada masyarakat kota Medan dalam mencintai Al-Quran,"Harap Wakil Wali Kota lagi.

Sementara itu, usai menutup penyelenggaraan MTQ tahun ini, Wakil Wali Kota Medan kemudian menyerahkan bendera MTQ kepada Camat Medan Selayang untuk selanjutnya di percaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke 53 tingkat kota Medan tahun 2020.

Tidak hanya pemenang lomba MTQ, dalam kesempatan ini juga di umumkan pemenang pawai taaruf, pemenang Stand OPD dan lembaga, dan pemenang stand Kecamatan terbaik. Adapun pemenang pawai taaruf yaitu Kecamatan Medan Marelan, pemenang stand OPD dan Lembaga yaitu stand Dinas Perumahan, kawasan Perkim dan Penataan Ruang, sementara stand PKK menjadi stand terfavorit, sedangkan untuk stand terbaik Kecamatan diraih oleh Kecamatan Medan Marelan.

Turut hadir dalam penutupan MTQ ini Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman MM, Pimpinan OPD, dan Camat sekota Medan.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan