Wali Kota Medan Harapkan Musrenbang RKPD Kota Medan Tahun 2020 Menghasilkan Rencana Pembangunan Kota Yang Semakin Handal

dibaca 309 pembaca

Wali Kota Medan Harapkan Musrenbang RKPD Kota Medan Tahun 2020 Menghasilkan Rencana Pembangunan Kota Yang Semakin Handal

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H secara resmi membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kota Medan Tahun 2020, di Hotel Emerald Garden, Senin (11/3). Acara yang dihadiri oleh seluruh pemangku kepentingan pembangunan kota ini diharapkan dapat menghasilkan rencana pembangunan kota yang semakin handal serta dapat mewujudkan visi dan misi pembangunan kota. Dalam sambutanya, Wali Kota Medan mengatakan para peserta musrenbang yang hadir hari ini merupakan perwakilan dari kelompok pemangku kepentingan pembangunan kota, ini mencerminkan bahwa seluruh stakeholder peduli terhadap pembangunan kota, sekaligus menunjukkan komitmen yang tinggi dalam membangun kota Medan yang lebih maju dan lebih berkembang lagi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik di masa mendatang.

"Saya gembira karena kita semua berkenan dan meluangkan waktu untuk hadir di musrenbang ini, untuk itu saya mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih atas kehadiran seluruh stakeholder yang sudah bersedia bermusyawarah untuk mendapatkan berbagai alternatif efektif dalam mengatasi berbagai tantangan pembangunan kota pada masa mendatang guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat."ucap Wali Kota.

Disamping itu, Wali Kota menjelaskan sesuai dengan tema yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kota Medan tahun 2016-2021, maka tahun 2020 adalah tahap perwujudan visi yang telah ditetapkan dalam RPJMD Kota Medan pada tahun 2016-2021. Untuk itulah ditahun 2020 tema musrenbang yang di usung adalah mengoptimalkan potensi dan menguatkan sinergitas demi terwujudnya Medan sebagai kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis dan religius.

"Tema ini dipilih mengingat di tahun 2020 tantangan yang dihadapi akan semakin berat, bahkan lebih kompleks lagi, kita menyadari disamping keberhasilan yang sudah kita raih selama ini, disisi lain kita harus akui masih banyak persoalan pembangunan yang harus diatasi bersama secara bersatu padu, karena itulah saya mengajak seluruh stakeholder untuk memiliki tekad bulat bersama guna mewujudkan kota Medan sebagai kota masa depan yang multikultural, berdaya saing, humanis dan religius."ajak Wali Kota.

Lebih lanjut, Wali Kota menyampaikan bahwa proses perencanaan kota telah menggunakan aplikasi e-perencanaan. Dimana melalui proses perencanaan pembangunan telah di mulai dari rembuk warga sampai kepada pelaksanaan musrenbang kota yang berjalan secara partisipatif, transparan dan akuntabel. Karena itulah, Wali Kota berkeinginan agar aplikasi e-perencanaan ini terus dikembangkan sehingga di masa yang akan datang masyarakat akan dapat berpartisipasi dan mengawasi langsung proses perencanaan dan pembangunan kota.

"Saya yakin bila kita semua selalu membangun kebersamaan dan berpartisipasi dalam pembangunan kota, maka kita akan dapat membangun kota Medan yang lebih baik."kata Wali Kota.

Diakhir sambutanya Wali Kota Medan berharap melalui musrenbang ini akan mendapatkan masukan-masukan yang baik sehingga rencana pembangunan kota pada tahun 2020 semakin handal dan menghasilkan program-program kerja yang sesuai dengan visi dan misi pembangunan kota. Turut hadir dalam musrenbang ini Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution,M.Si, Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman,MM, Unsur FKPD Provinsi Sumut dan Kota Medan, para Anggota Dewan, pimpinan BUMN/BUMD, Pimpinan Lembaga Pendidikan maupun Lembaga Penelitian, pimpinan OPD dan Camat sekota Medan, serta para pengurus organisasi kemasyarakatan.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan