Ribuan Kafilah Ikut Meriahkan Pawai Taaruf Dalam Rangka MTQ Ke 52 Tingkat Kota Medan

dibaca 395 pembaca

Ribuan Kafilah Ikut Meriahkan Pawai Taaruf Dalam Rangka MTQ Ke 52 Tingkat Kota Medan

Ribuan Kafilah ikut memeriahkan pawai taaruf yang digelar dalam rangka pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke 52 tingkat Kota Medan, di Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kec. Medan Marelan, Sabtu (9/3).

Iringan kafilah yang berasal dari masing-masing Kecamatan sekota Medan ini dilepas langsung oleh Wali Kota Medan, Drs. H.T Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H bersama Wakil Wali Kota Medan, Ir.H. Akhyar Nasution,M.Si dan unsur Forkopimda Kota Medan.

Dengan mengenakan pakaian muslim bermotif batik Medan para kafilah tampak penuh semangat melintasi panggung utama.

Iringan pawai taaruf ini diawali dengan group marchingband yang turut menambah kemeriahan pawai taaruf. kemudian disusul kafilah dari Kec. Medan Area sebagai juara umum MTQ ke 51 tingkat kota Medan tahun lalu sekaligus membawa piala bergilir yang berhasil diraih tahun lalu.

Setelah itu dilanjutkan kafilah dari kecamatan Medan Kota, Kecamatan Medan Perjuangan dan Kafilah-kafilah dari 21 Kecamatan lainya sekota Medan.

Iringan pawai ini pun semakin meriah, sebab masing-masing Kecamatan tidak hanya membawa para kafilahnya saja tetapi juga membawa group kesenian khas masing-masing kecamatan.

Tentunya iringan pawai taaruf ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat yang yang hadir menyaksikan. Tampak masyarakat begitu puas dan takjub melihat iringan pawai tersebut.

Usai melepas pawai taaruf, Wali Kota Medan, Drs. H. T Dzulmi Eldin S.M.Si.,M.H didampingi Ketua TP PKK Kota Medan Hj.Rita Maharani Dzulmi Eldin, Wakil Wali Kota, Ir. H. Akhyar Nasution,M.Si dan Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, MM berharap pelaksanaan MTQ kali ini berjalan sukses dan lancar serta menghasilkan Qori dan Qoriah terbaik sehingga dapat mengharumkan nama kota Medan di tingkat provinsi, nasional maupun internasional.

"Insya Allah MTQ kali ini akan melahirkan Qori dan Qoriah terbaik dari kota Medan yang nantinya dapat mengharumkan nama kota yang kita cintai bersama ini ditingkat provinsi, nasional maupun internasional." harap Wali Kota.

Selain itu Wali Kota Medan juga mengatakan pawai taaruf ini merupakan kegiatan rutin yang digelar guna mendukung sekaligus memeriahkan pembukaan MTQ. Peserta pawai taaruf melibatkan unsur masyarakat, Kepala Lingkungan, Lurah, ibu-ibu pengajian, dan pelajar.

"Selain untuk memeriahkan MTQ, melalui pawai taaruf ini kita mengharapkan dukungan penuh masyarakat untuk mensukseskan pelaksanaan MTQ yang akan berlangsung selama sepekan ini mulai 9-16 Maret mendatang."kata Wali Kota.

Ditambahkan Wali Kota lagi, melalui pawai taaruf ini Wali Kota ingin membangun kebersamaan dengan masyarakat untuk mewujudkan kota Medan yang religius.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin SH, didampingi Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Nurul Khairani Akhyar dan Ketua Dharmawanita Kota Medan, Ismiralda Wiriya Al Rahman meresmikan Stand pameran dan bazar pada helatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke -52 tingkat Kota Medan, di Lokasi MTQ.

Peresmian Stand Pameran dan Bazar yang dilakukan Usai Pelepasan Pawai Taaruf ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Medan dan Ketua TP PKK Kota Medan. Dalam Pameran dan Bazar ini diikuti 65 Stand yang terdiri dari Stand TP PKK, Stand OPD dan Stand Kecamatan serta Stand Stakeholder dan bazar.

Stand pameran yang pertama dikunjungi rombongan Wali Kota Medan dan Ketua TP PKK Kota Medan adalah Stand TP PKK Kota Medan. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Stand Kecamatan Medan Marelan dan kunjungan ditutup dengan mengunjungi Stand Dinas Kominfo Kota Medan. Dalam mengunjungi Setiap Stand Rombongan Wali kota juga didampingi Wakil Ketua DPRD Unsur Forkominda diantaranya Kapolresta Pelabuhan Belawan dan Dandim 0201/BS.

Stand yang dikunjungi Walikota dan Ketua TP PKK masing - masing memperlihatkan keunggulan atau hasil produk dari UMKM di wilayahnya. Selain itu tampak seluruh stand memberikan cendramata kepada Walikota, Wakil Walikota dan Ketua TP PKK, Wakil Ketua TP PKK sebagai ungkapan terimakasih. Ny. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH mengatakan, dengan diadakannya kegiatan pameran dan bazar ini, diharapkan muncul produk - produk unggulan dari tangan - tangan kreatif yang nantinya bisa dikembangkan, sehingga bisa menjadi sebuah peluang ekonomi bagi masyarakat, khususnya ibu - ibu PKK.

Menurut Ketua TP PKK, Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH, stand pameran yang ikut dalam mensukseskan MTQ ke - 52 ini didekorasi dengan sebaik mungkin dimana nantinya akan di perlombakan dan dinilai dalam kegiatan MTQ.

"Selain sebagai ajang promosi produk, pameran dan bazar juga untuk memeriahkan MTQ ke 52 Tingkat Kota Medan seperti ini juga sangat penting dari segi sosial budaya. Kemudian melalui ajang seperti ini, diharapkan dapat memperkenalkan budaya yang ada di masing - masing Kecamatan", kata Ketua TP PKK.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan