Wali Kota Medan Pimpin Rapat Evaluasi Rancangan Perwal Jakstrada Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Medan

dibaca 146 pembaca

Wali Kota Medan Pimpin Rapat Evaluasi Rancangan Perwal Jakstrada Tentang Pengelolaan Sampah di Kota Medan

Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin, S.M.Si.,M.H diwakili Sekda Kota Medan, Ir. Wiriya Alrahman, MM memimpin rapat evaluasi rancangan Peraturan Wali Kota (Perwal) Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga, di Kantor Wali Kota Medan, Jumat (1/3).

Dihadapan para peserta rapat yang merupakan Camat dan perwakilan OPD ini, Sekda meminta agar dokumen Jakstrada ini tidak hanya menjadi dokumen perencanaan saja, tetapi harus diaplikasikan kedalam tindakan nyata sehingga pengelolaan sampah di Kota Medan dapat dilakukan secara maksimal. Untuk itulah Sekda berharap dokumen Jakstrada ini dapat didukung penuh oleh seluruh Camat dan OPD di lingkungan Pemko Medan.

"Dukungan Camat dan OPD sangat diperlukan dalam penyusunan dokumen Jakstrada, khususnya kepada Camat, Peranannya sangat penting untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan begitu akan tercipta kesadaran masyarakat untuk mau mewadahi dan memilah sampah-sampah rumah tangganya."kata Sekda.

Selain itu Sekda juga berpesan agar permasalahan sampah ini harus diatasi dari sumbernya, karena itu sekda meminta agar draft ini dibahas secara detail.

"Ini akan menjadi dokumen lengkap yang harus kita pedomanin dalam mengelolah sampah, jadi harus secara detail kita bahas draftnya sehingga dapat kita terapkan di lapangan." Sebut Sekda.

Sebelumnya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, Syarif Armansyah Lubis mengatakan Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga merupakan turunan dari peraturan Jakstranas yang tertuang dalam Perpres no 97 tahun 2017.

Target pengelolaan sampah yang ingin dicapai dalam jakstranas adalah 100% sampah terkelola dengan baik dan benar pada tahun 2025 yang diukur melalui pengurangan sampah sebesar 30% dan penanganan sampah sebesar 70% pada tahun 2025. Untuk mencapai target ini, sebut Armansyah Pemerintah Daerah harus menyusun Dokumen Jakstrada dalam kurun waktu enam bulan.

"Dokumen Jakstrada yang mau kita buat bersama ini bukanlah merupakan dokumen normatif dan kualitatif saja, tetapi merupakan dokumen yang menggambarkan target capaian dan upaya pengelolaan sampah secara kuantitatif yang dilakukan Pemda sesuai dengan kapasitas dan kemampuan daerah." Jelas Armansyah.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan, M. Husni, SE.M.Si mengungkapkan bahwa Jakstrada ini sangat dibutuhkan sebagai neraca dokumen pengelolaan sampah, karena itu Husni mengharapkan dukungan dari seluruh Camat dan OPD untuk mendata potensi timbunan sampah diwilayah masing-masing.

"Bila semua data sudah terkumpul, kita sudah dapat melakukan workshop awal bulan Maret ini."sebut Husni.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan