Wali Kota Medan Apresiasi Aksi Bersih Pohon dan Lepas Satwa

dibaca 417 pembaca

Wali Kota Medan Apresiasi Aksi Bersih Pohon dan Lepas Satwa

Pemerintah Kota Medan mengapresiasi digelarnya Aksi Bersih Pohon dan Lepas Satwa dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup dan perayaan Imlek tahun 2019 yang digelar Relawan Pecinta alam dan Lingkungan. Diharapkan kegiatan ini dapat mewujudkan lingkungan Kota Medan yang hijau, asri dan Sejuk.

Demikian hal ini disampaikan Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S,M.Si, M.H dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si ketika menghadiri acara Aksi Bersih Pohon dan Lepas Satwa di Taman Edukasi Avros, Minggu (27/01). Kegiatan yang digelar Yayasan Budaya Hijau Indonesia bekerja sama dengan Go River Indonesia ini diikuti oleh beberapa organisasi dan komunitas pecinta alam dan lingkungan.

Dikatakan Wakil Wali Kota, Masyarakat Kota Medan memiliki tanggung jawab penuh dalam menjaga dan memelihara lingkungan di sekitar kita. Salah satunya dengan menggelar gerakan aksi bersih pohon dan lepas Satwa ini, tentunya kegiatan ini sangat berdampak positif bagi lingkungan kita.

"Pemko Medan memiliki komitmen Menjadikan Medan sebagai Kota Hijau yang nyaman dan asri. Untuk itu peran seluruh elemen masyarakat yang dapat mewujudkannya, karena Medan Rumah Kita, maka kita yang harus merawat dan menjaga lingkungan kota ini", kata Wakil Wali Kota.

Dijelaskan Wakil Wali Kota, saat ini Pemko Medan berfokus pada pembersihan sampah, untuk itu diharapkan kerjasama dari seluruh masyarakat membantu pemerintah dengan tidak membuang sampah sembarangan. Artinya dengan memberi wadah sampah agar sampah tidak berserakan dan mengikuti jadwal petugas mengangkut sampah itu sudah sangat membantu.

"Mari kita ciptakan kesadaran diri masing-masing dengan  mengubah pola pikir masyarakat dari membuang sampah sembarangan menjadi pelaku sekaligus pelopor kebersihan dan kelestarian lingkungan sehingga  kota ini menjadi Medan rumah kita yang nyaman, indah bersih dan hijau", ungkap Wakil Wali Kota.

Selanjutnya dihadapan yang hadir, Ketua Yayasan Budaya Hijau Indonesia, Batara Surya Yusuf, Ketua Pembina Go River Indonesia, Zainud Fuad, Kadistanla Kota Medan, Ikhsar Marbun dan Sekretaris Dinas PDK, Zul Fahri Ahmadi, Wakil Wali Kota berharap, gerakan aksi bersih pohon dan lepas Satwa ini dapat berlanjut sehingga akan menjadi gerakan yang menjadi rutinitas. Sehingga kebersihan lingkungan akan menjadi budaya kita, apalagi aksi ini dilakukan oleh generasi muda yang dapat menjadi contoh untuk masyarakat.

Sebelumnya Ketua Yayasan Budaya Hijau Indonesia, Batara Surya Yusuf menjelaskan bahwa kegiatan Aksi Bersih Pohon dan Lepas Satwa ini digelar dalam rangka Hari Lingkungan Hidup dan perayaan Imlek tahun 2019. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa organisasi dan komunitas pecinta alam dan lingkungan.

"Aksi ini kami lakukan sebagai wujud kecintaan kami kepada alam dan lingkungan, terutama pohon yang saat ini banyak terdapat paku yang dilakukan oknum yang tidak bertanggung jawab. Selain itu tebar satwa kami lakukan untuk menjaga ekosistem alam", jelasnya.

Selanjutnya Wakil Wali Kota Medan bersama ketua Yayasan Budaya Hijau Indonesia dan Go River Indonesia  serta sejumlah Komunitas pecinta alam dan lingkungan melakukan aksi pembersihan pohon dari paku dan kawat yang menempel di pohon seputaran Kampung Baru, Jalan Brigjend Katamso. Kemudian setelah melakukan aksi pembersihan pohon Wakil Wali Kota melakukan aksi Pelepasan Burung dan Penebaran benih ikan di sungai Deli.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan