Ribuan Masyarakat Kota Medan Hadiri Perayaan Thaimpusam 2019

dibaca 530 pembaca

Ribuan Masyarakat Kota Medan Hadiri Perayaan Thaimpusam 2019

Ribuan masyarakat Kota Medan khususnya Umat Hindu Tamil menghadiri perayaan puncak Thaimpusam 2019 yang digelar di depan Shri Subramaniam Nagarattar, di Jalan Kejaksaan Medan, Senin (21/01). Berbagai prosesi perayaan ditampilkan menambah kemeriahan perayaan Thaimpusam 2019 ini diantaranya tarian etnis India dan arak - arakan kereta Kencana.

Kemeriahan bertambah dengan Hadirnya Wali Kota Medan Drs.H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si.,M.H di tengah - tengah ribuan masyarakat yang memenuhi jalan Kejaksaan dan disambut oleh pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Medan. Kemudian sebagai bentuk rasa terima, PHDI Medan menyematkan Ponnade (busana tradisional Tamil) lepas Wali Kota Medan.

Dalam sambutannya Wali Kota Medan mengatakan Perayaan Thaimpusam menurut Umat Hindu merupakan hari menunaikan nazar dan menebus dosa serta memohon ampunan atas segala kesalahan dan dosa yang telah dilakukan. Artinya dengan iman yang kuat, umat Hindu yang melakukan penebusan dosa ini senantiasa terlindungi dari segala bentuk marabahaya.

"Perayaan Thaimpusam ini menjadi momen yang senantiasa dinantikan oleh mayoritas warga Kota Medan khususnya umat Hindu Tamil. Selain itu warga lainnya juga menikmati perayaan Thaimpusam ini sebagai bentuk toleransi dan saling menghargai sesama warga Medan", kata Wali Kota.

Menurut Wali Kota, Sebagai Kota Multikultural, Pemerintah Kota senantiasa mendukung kegiatan keagamaan dan kebudayaan, salah satunya perayaan Thaimpusam. Tentunya melalui momen ini dapat semakin memupuk rasa persaudaraan dan persatuan umat Hindu Tamil khususnya dan segenap warga Kota Medan.

"Perayaan Thaimpusam ini hanya berjarak tiga bulan menjelang Pemilu. Oleh sebab itu saya mengajak seluruh umat beragama di Kota Medan untuk sama - sama menjaga suasana kondusif di Kota ini yang telah kita bina selama ini. Artinya jangan sampai kita terpancing oleh pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab yang ingin memecah rasa persaudaraan dan persatuan kita", Ujar Wali Kota.

Selanjutnya dihadapan Anggota DPD RI, Parlindungan Purba, Wakil Ketua DPRD Medan, Iswanda Nanda Ramli, Ketua PHDI Sumut, Siwaji Raja dan Ketua PHDI Kota Medan, Surya, dan segenap Unsur Forkominda yang hadir, Wali Kota Medan melepas arak-arakan kereta kencana (radoo) yang membawa patung Murgan.

Sebelum kereta kencana ditarik, beberapa pemuda memecahkan buah kelapa muda tepat di depan kereta. Masyarakat pun menari, bergoyang sembari jalan sesuai irama musik yang berkumandang.

Sebelumnya Ketua PHDI Kota Medan, Surya, menjelaskan bahwa Perayaan Thaipusam merupakan perwujudan penghormatan dan rasa syukur umat Hindu keturunan Tamil kepada Dewa Murgan. Oleh sebab itu atas nama umat Hindu yang hadir sebagian besar mengenakan busana tradisional India di perayaan Thaimpusam ini mengungkapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Medan.

"Kami masyarakat Hindu Tamil di Kota Medan merdeka terima kasih kepada Wali Kota Medan atas digelarnya perayaan Thaimpusam 2019. Tentunya momentum yang digelar setiap tahunnya ini merupakan bentuk perhatian Pemko Medan kepada masyarakatnya khususnya Umat Hindu Tamil", jelas Surya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan