Home / Infrastruktur /


LISTRIK, AIR DAN GAS

kota medan
  1. Listrik

PLN cabang Medan yang menangani suplai listrik ke kota medan hingga tahun 2006 tercatat telah melayani hampir seluruh rumah tangga di kota medan (sekitar 99,06%) dengan jumlah pelanggan rumah tangga sebanyak 385.775, pelanggan bisnis 30.264, pelanggan industri 1.507 serta pelanggan publik 10.156.

  1. Gas

Persediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) memiliki keterbatasan, dan pada suatu saat kelak akan habis. Oleh sebab itu, penggunaan gas sebagai bahan bakar alternative pengganti Bahan Bakar Minyak (BBM) terus digalakkkan. Jumlah pelanggan dalam lima tahun terakhir ini, pelanggan rumah tanggaa meningkat dari 99.771.866,71 (m3) pada tahun 2000 menjadi 167.289.610 (m3) pada tahun 2004, atau dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 41% pertahun. Sedangkan nilai jual gas juga meningkat dari Rp. 12.521.975.000 pada tahun 2000 menjadi 58.881.648.912.000 pada tahun 2004.

  1. Air Bersih

Salah satu indicator dari keberhasilan pembangunan kesehatan lingkungan adalah kemampuan pengadaan air bersih untuk keperluan industri dan masyarakat pada umumnya. Di kota Medan, air bersih dikeloa oleh PDAM Tirtanadi. Sumber air bersih masih diperoleh dari Sibolangit, Sunggal dan Deli Tua.
Kebutuhan akan air bersih terus meningkat setiap tahunnya, ini dapat terlihat dari peningkatan produksi, konsumsi dan nilai jual air minum. Selama kurun waktu 20001-2004 produksi air bersih meningkat rata-rata 6,99% per tahun, dan konsumsi air bersih meningkat rata-rata 18,42% per tahun. Sedangkan nilai jual menurun rata-rata (-) 4,39% per tahun. PDAM Tirtanadi kini telah mampu melayani kebutuhan air bersih bagi 76,56% penduduk kota Medan.

 

 



Top