Keberhasilan Pengelolaan Arsip Pengaruhi Kinerja Organisasi

dibaca 373 pembaca

Keberhasilan Pengelolaan Arsip Pengaruhi Kinerja Organisasi

Arsip bukan hanya catatan sejarah, melainkan juga bagian tak terpisahkan dari manajemen organisasi. Keberhasilan pengelolaan kearsipan akan mempengaruhi kinerja organisasi.

Demikian disampaikan Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si melalui sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Medan, Drs. Darussalam Pohan, M.AP, saat membuka kegiatan Sosialisasi Kearsipan di Lingkungan Pemko Medan, Kamis (8/11) di Putra Mulia Hotel.

Wali Kota menyebutkan, kemajuan teknologi berdampak besar terhadap aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang administrasi yang menuntut adanya profesionalisme dalam melaksanakan setiap aktivitas organisasi. Tentu saja manajemen kearsipan harus mengikuti kemajuan tersebut. Di sisi lain, tambah Wali Kota, hal ini menjadi suatu tantangan bagi para pengelola arsip itu sendiri.

Karena itu, lanjut Wali Kota, sosialisasi ini perlu guna mewujudkan penyelenggaraan kearsipan yang bermutu, menjamin penyelamatan dan menyediakan bahan pertanggugjawaban untuk mendukung kepentingan manajemen pemerintahan dan pembangunan.

Wali Kota juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah menyelenggarakan kegiatan yang meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengelola arsip ini.

Wali Kota mengharapkan, peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh OPD dan kecamatan di lingkungan Pemko Medan ini mengikuti sosialisasi ini dengan baik dan tuntas sehingga nantinya dapat diaplikasikan di kantornya masing-masing.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama dua hari. Bertindak sebagai narasumber R Hanafi Mulyadi dari Arsip Nasional RI.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan