Wali Kota Medan Harapkan Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan sebagai Poros Keluarga Berkualitas

dibaca 154 pembaca

Wali Kota Medan Harapkan Pencanangan TNI Manunggal KB Kesehatan sebagai Poros Keluarga Berkualitas

Wali Kota Medan Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si dihadiri Wakil Wali Kota Medan Ir.H Akhyar Nasution, M.Si mencanangkan TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Medan tahun 2018 di Lapangan Benteng, Rabu (10/10).

Diharapkan kegiatan kerja sama Pemko Medan dan Kodim 0201/BS yang mengambil tema “Dengan Semangat Gotong Gotong dan sinergi kita jadikan Kampung KB sebagai Poros keluarga berkualitas ini dapat meningkatkan kinerja dan partisipasi masyarakat untuk mempercepat pencapaian sasaran pembangunan kependudukan dan KB tahun 2018.

Dikatakan Wakil Wali Kota, kegiatan TNI Manunggal KB kesehatan ini juga dapat memberikan dampak positif terhadap penurunan tingkat kelahiran dan kematian bayi serta ibu melahirkan, terutama bagi masyarakat yang berada di pinggiran dan golongan prasejahtera yang masih sangat memerlukan uluran tangan TNI beserta komponen lainnya.

Menurut Wakil Wali Kota, dengan pencanangan yang dilakukan ini, pertanda dimulainya pelaksanaan operasional dalam memberhasilkan KB Nasional. Walaupun pelaksanaannya telah dimulai Mei 2018 dan berakhir Oktober 2018 mendatang namun Wali Kota menilai kegiatan ini telah memberikan kontribusi yang tidak kecil bagi pembinaan kesehatan dan KB di Kota Medan.

“Program KB merupakan suatu program yang tidak dapat dipisahkan dengan pembinaan kesehatan, sebab keduanya saling mendukung dan terkait serta merupakan inti dari membangun keluarga kecil bahagia dan sejahtera,” kata Wakil Wali Kota.

Wakil Wali Kota berharap pelaksanaan pencanangan percepatan revitalisasi KB melalui TNI Manunggal KB Kesehatan Kota Medan tersebut dapat memberikan kontribusi lebih dari 50 persen pencapaian sasaran atau target tahunan program KB serta pembinaan terhadap peserta KB aktif. Artinya kegiatan yang dinilai sangat strategis selama ini yang dilaksanakan TNI Manunggal KB ini adalah pelayanan KB gratis kepada keluarga kurang mampu, guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara umum.

Selanjutnya Wakil Wali Kota menghimbau semua stakeholder untuk meningkatkan kepedulian serta peran sertanya mendukung keberhasilan TNI Manunggal KB Kesehatan tahun 2018. Dengan demikian nama Kota Medan tetap diperhitungkan di tingkat provinsi maupun nasional.

Sedangkan kepada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Medan dan seluruh camat sebagai ujung tombak Pemko Medan, Wakil Wali Kota mengingatkan agar sungguh-sungguh mendukung kegiatan TNI Manunggal KB Kesehatan di wilayahnya masing-masing sehingga mencapai hasil lebih optimal. “Saya ingatkan, program KB dan kesehatan ini bukan hanya program untuk mengendalikan jumlah penduduk semata akan tetapi juga sebagai pengendalian pengangguran, kelahiran dan hidup secara sehat,” Jelas Wakil Wali Kota.

Dandim 0201/BS Letkol Inf Yuda Rismansyah, mengatakan Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi dan kesepakatan bersama antara BKKBN dan TNI yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan masyarakat melalui Pelayanan KB dan kesehatan terutama kepada masyarakat yang kurang mampu dengan tujuan mewujudkan ketahanan masyarakat yang merupakan basis ketahanan nasional dalam rangka meningkatkan ketahanan Negara.

"Saya berharap program ini dapat terlaksana secara sistematis, sinergis dan dapat terus dipertahankan serta ditindaklanjuti dan dikembangkan sebagai bentuk partisipasi dalam upaya membangun masyarakat yang sehat dan berkualitas", harap Dandim 0201/BS.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Medan, Dr Edwin, melaporkan, pelaksanaan revitalisasi program KB melalui bhakti sosial TN manunggal KB Kesehatan terpadu Kota Medan dimulai Mei sampai Oktober 2018 di 21 kecamatan, selama berlangsung 6 bulan target pencapaian akseptor KB sebanyak 5.445 akseptor, terdiri dari IUD 199, Implant, 277, Suntik 2.458 , Pil 1.507, kondom 304 , MOP 0, dan MOW 700.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan