Wali Kota Medan Bersama Kapolda Sumut Tinjau Pasar Tradisional dan Pasar Modern

dibaca 521 pembaca

Wali Kota Medan Bersama Kapolda Sumut Tinjau Pasar Tradisional dan Pasar Modern

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si bersama dengan Kapolda Sumatera Utara, Irjen. Pol. Drs. Agus Andrianto, SH, melakukan peninjauan ke Pasar Tradisional dan Pasar Modern yang ada di Kota Medan, Selasa (09/10). Peninjauan ini dilakukan untuk memantau apakah adanya lonjakan harga dan mengetahui kualitas bahan pokok. Pasar tradisional yang ditinjau Wali Kota dan Kapoldasu adalah Pusat Pasar. Rombongan yang tiba pukul 10.00 Wib langsung mengecek harga bahan pokok yang tersedia, salah satunya harga ikan, guna memastikannya Kapoldasu dan Wali Kota berbincang dengan salah satu pedagang ikan yang ada di Pusat Pasar. Selanjutnya rombongan Wali Kota dan Kapoldasu mengecek harga sembako. Dari data yang di peroleh, harga beras jenis Kuku Balam berada di harga beras Rp.12.000/Kg, Gula Rp. 12.000/Kg, Minyak goreng Rp.11.000/liter, Kacang tanah Rp. 22.000/Kg, dan Tepung terigu Rp.8.000/Kg, telur Rp.1.200/butir. Selain itu untuk Cabe merah Rp. 40.000/Kg, Cabe rawit Rp. 45.000/Kg, Bawang Merah Rp.20.000/Kg, sedangkan untuk Bawang putih Rp.20.000 kg tomat Rp.10.000/Kg. Sementara itu untuk daging sapi berada diharga Rp.119.000/Kg, Daging kambing 80.000/Kg, Ayam potong Rp.29.000/Kg.

Usai dari Pusat Pasar, Wali Kota dan Kapoldasu beserta rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke pasar petisah, dipasar ini harga juga masih relatif stabil tidak berbeda dengan yang ada di Pusat Pasar. Dari hasil pantauan tersebut, Wali Kota menyebutkan harga sembako di pasar petisah dan Pusat Pasar masih relatif stabil, tidak ada ditemukan lonjakan harga. Begitu pun dengan ketersediaanya yang masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Hanya ada beberapa harga bahan pokok yang berbeda Rp.1.000, antara di Pusat Pasar dan Pasar Petisah. Hal ini dinilai wajar karena Pusat Pasar harga grosir. Diharapkan seluruh Pedagang jangan ada yang menimbun barang, agar tidak ada terjadi lonjakan harga" jelas Wali Kota. Sementara itu Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, SH mengungkapkan Peninjauan ini dilakukan guna memastikan harga bahan pokok tetap kondusif dan menghindari adanya perbandingan harga. Selain itu memastikan tidak adanya penumpukan bahan pokok yang dapat membuat harga menjadi mahal. Sebelum ke Pasar Petisah, Wali Kota Medan dan Kapoldasu meninjau Pasar Modern Berastagi supermarket Tiara, guna mengecek harga dan masa kadaluarsa. Dari hasil yang terpantau harga tidak jauh berbeda dengan harga pasar tradisional, serta tidak ditemukan pula barang makanan yang sudah kadaluarsa.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan