Meriahkan HUT Ke 428 Kota Medan Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Kudapan Non Beras dan Non Terigu

dibaca 78 pembaca

Meriahkan HUT Ke 428 Kota Medan Dinas Ketahanan Pangan Gelar Lomba Kudapan Non Beras dan Non Terigu

Pemko Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar Lomba Makanan Kudapan Berbasis Non Beras dan Non Terigu, Kamis (5/7) di Lapangan Merdeka.

Lomba yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan HUT ke-428 Kota Medan ini dibuka Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Sekda, Ir. H. Syaiful Bahri Lubis.

Selain Sekda, tampak pula hadir dalam perhelatan itu Wakil Ketua TP PKK Kota Medan, Hj. Nurul Khairani Akhyar, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muslim, S.Sos, MAP, segenap anggota dan pengurus TP PKK Kota Medan.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekda, Wali Kota mengingatkan pesan moral "Medan Rumah Kita" yang harus menjadi spirit untuk lebih meningkatkan kapasitas diri dan seluruh masyarakat.
Salah satunya adalah mampu menghadirkan panganan non beras dan non terigu.

Menurut Wali Kota, penganekaragaman pangan akan mendorong penyediaan produk makanan yang lebih beragam dan aman dikonsumsi.

Dari sisi produksi, lanjut Wali Kota, penganekaragaman pangan akan meminimalkan risiko produksi yang monopoler, meredam gejolak harga, meningkatkan pendapatan petani, menunjang pelestarian sumber daya alam, dan mengurangi ketergantungan pada satu jenis bahan pangan pokok.

Wali Kota juga mengucapkan, menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat untuk beralih mengonsumsi kudapan berbasis selain beras dan terigu memerlukan perjuangan yang cukup menantang. Stigma yang mengasumsikan jika belum mengonsumsi beras seperti belum makan harus dihilangkan.

"Masih banyak karbohidrat pengganti beras dan terigu yang juga menyehatkan", ujar Wali Kota seraya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

Sebelumnya Ketua Panitia, Ir. Rosdiana Siahaan yang merupakan Kabid Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan Medan melaporkan, peserta dalam kegiatan ini sebanyak 48 berasal dari pelaku usaha industri rumahan binaan Pemko Medan dan masyarakat umum. Juri dalam perlombaan ini juga berasal dari kalangan akademisi dan profesional.

Dia mengatakan, perlombaan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang konsumsi pangan non beras dan non terigu.

Selain itu juga meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mengolah dan menyajikan kudapan serta mendorong kreativitas pengusaha pangan lokal dalam mengembangkan dan menciptakan kudapan sebagai usaha bisnis pangan lokal olahan.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com