Ketua Dekranasda Kota Medan Terima Penghargaan Indonesia Women Leaders 2018

dibaca 184 pembaca

Ketua Dekranasda Kota Medan Terima Penghargaan Indonesia Women Leaders 2018

Ketua Dekranasda Kota Medan Hj.Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH menerima penghargaan Indonesian Women Leaders 2018, kategori Creative leaders 2018. Penghargaan ini diberikan karena Ketua Dekranasda Kota Medan dinilai telah berhasil mengembangkan industri kreatif berupa Batik Medan dan songket Medan sehingga dikenal di Nusantara dan Mancanegara

Penghargaan ini diberikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diwakili Sekretaris Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak, Pri Budiarta, kepada Ketua Dekranasda Kota Medan pada kegiatan yang digelar Media Sindo dalam rangka Hari Kartini dan Hari Kebangkitan Nasional , Jumat (11/05 ) Auditorium Gedung Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Jakarta.

Selain Ketua Dekranasda Kota Medan ,10 Tokoh Perempuan juga menerima Penghargaan Indonesian Women Leaders 2018, diantaranya Wali Kota Tanggerang Selatan, Airin Rachmi Diany, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, dan Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Netty Prasetiyani Heryawan. Para tokoh ini memperoleh Penghargaan sesuai dengan Kategori masing - masing.

Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH mengungkapkan rasa bersyukur dan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada dirinya. Dijelaskannya,  pengembangan Batik Medan dan Songket Medan berawal saat dirinya diamanahkan menjadi Ketua Dekranasda Kota Medan. Artinya sebagai Ketua Dekranasda harus mampu mengembangkan potensi industri yang ada di daerahnya.

Menurut Rita yang juga Ketua TP PKK Kota Medan, potensi Industri di Kota Medan sangat bagus khususnya kerajinan membatik,  oleh sebab itu bersama pengurus Dekranasda dirinya membina para pengrajin batik dan mengembangkan batik dan songket  yang saat ini dikenal dengan Batik Medan dan Songket Medan.

"Alhamdulillah Batik Medan dan Songket Medan diterima baik oleh masyarakat , saat ini Batik Medan dan Songket Medan tidak hanya dikenal di Medan akan  tetapi di seluruh Indonesia dan Luar Negeri. Ini merupakan hasil yang sangat baik bagi pengembangan industri UMKM khususnya Pengrajin Batik", kata Rita Maharani yang juga merupakan istri Wali Kota Medan Drs.H. T Dzulmi Eldin S, M.Si.