Wali Kota Apresiasi Pameran Seni Rupa "Hormat Murid pada Sang Guru"

dibaca 73 pembaca

Wali Kota Apresiasi Pameran Seni Rupa "Hormat Murid pada Sang Guru"

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Hasan Basri, MM, menghadiri pembukaan Pameran Seni Rupa Silaturrahim dan Hormat Murid pada Sang Guru, Kamis (3/5) sore di Ruang Pameran Taman Budaya Sumatra Utara. Saat diminta memberi sambutan, Wali Kota menyampaikan apresiasinya terhadap pameran ini.

"Apalagi pameran ini merupakan silaturahmi dan penghormatan budaya kepada dua guru, M Hasan Siregar dan Sekar Gunung, dari seorang murid yang menjadi pelukis, yakni Arfial Arsyad Hakim," ujarnya.

Menurutnya, penyelenggaraan pameran ini dapat menjadi teladan bagi setiap orang, bahwa penghormatan terhadap guru harus senantiasa dijaga. Sementara itu, Direktur Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud. Dr. Restu Gunawan, M.Hum diwakili Drs. Joko Marsono, M. Hum mengungkapkan, pihaknya sangat berbahagia dapat memfasilitasi pameran ini dengan Bantuan Pemerintah Fasilitasi Kegiatan Kesenian Tahun 2018.  Menurutnya, tajuk yang diusung dalam pameran ini tentunya, sejalan dan senafas dengan misi pendidikan nasional, yakni menanamkan pendidikan budi pekerti dan pendidikan karakter menuju Indonesia yang lebih bermanfaat. 

Dia menerangkan, Hasan Siregar dan Sekar Gunung merupakan kedua orang ikut mengantarkan Arfial Arsal Hakim ke dunia seni rupa. Walau sempat tertunda dua tahun karena kuliah di fakultas teknik, kedua gurunya menyarankan agar dia melanjutkan kuliah di seni rupa di ITB.  Dalam perjalanannya menekuni dunia kesenimannya, Arfial akhirnya dapat menggelar bersama maupun tunggal, baik di dalam maupun luar negeri. Dia juga mengabdikan diri di dunia pendidikan dengab menjadi dosen seni rupa di Universitas Sebelas Maret. 

Sebelumnya, Kepala Taman Budaya Sumatra Utara (TBSU), Deny Elfriansyah, SH yang juga merupakan penanggungjawab dalam pameran ini juga mengungkapkan apresiasi kepada Arfial yang telah menggelar pameran ini di Sumatra Utara. Pihaknya juga merasa bangga, Taman Budaya Sumut menjadi tempat penyelenggaraan pameran yang berlangsung sampai 12 Mei mendatang ini.  Menurutnya, pameran ini upaya mempererat silaturahmi dan merupakan penghormatan yang tidak putus dari murid kepada gurunya. Pameran ini, lanjutnya, sekaligus menjadi motivasi bagi seluruh seniman untuk terus berkarya dan menjadi salah satu upaya dalam menumbuhkembangkan apresiasi masyarakat terhadap karya seni.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com