Wali Kota Medan Launching Sekolah Berbasis Karakter, Literasi dan Lingkungan pada Upacara Hardiknas

dibaca 149 pembaca

Wali Kota Medan Launching Sekolah Berbasis Karakter, Literasi dan Lingkungan pada Upacara Hardiknas

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, MSi, memimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat kota Medan tahun 2018 di Lapangan Benteng, Rabu (02/05). Sebelum Upacara dimulai, Ratusan siswa - siswi SMP Se- Kota Medan tampil membawakan tarian Kolosal dengan mengenakan pakaian adat.

Upacara Hardiknas ini dihadiri Wakil Wali Kota Medan, Ir.H. Akhyar Nasution, MSI, Sekda Kota Medan, Ir.H. Syaiful Bahri Lubis,MSI, Ketua TP PKK Kota Medan, Hj.Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH. Unsur Forkominda Kota Medan dan Pimpinan OPD serta Camat se Kota Medan dan para Guru dan Siswa-siswi Peserta Upacara.

Dalam Upacara Hardiknas ini dirangkaikan juga dengan Launching Sekolah Berbasis Karakter, Literasi dan Lingkungan di Kota Medan sekaligus Peluncuran Buku Sekolah Unggul dengan tiga basis sebagai pendukung Sekolah Berbasis Karakter, Literasi dan Lingkungan di Kota Medan. Buku ini dibagikan kepada Unsur Forkominda dan seluruh Sekolah SMP dan SD se- Kota Medan. launching ini ditandai oleh Pelepasan balon oleh Wali Kota Medan, Ketua TP PKK Kota Medan, Kadis Pendidikan Kota Medan dan Unsur Forkominda.

Peringatan Hardiknas tingkat Kota Medan semakin meriah dengan dinobatkan Wali Kota Medan sebagai Bapak Pendidikan Karakter Kota Medan dan Ketua TP PKK Kota Medan dinobatkan sebagai Ibu Pembina Pendidikan Lingkungan Sekolah Hijau (Green School) Kota Medan. Penobatan ini menjadi gerbang terwujudnya pendidikan Kota Medan yang berkualitas dan Berkarakter.

Wali Kota Medan dalam membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, mengatakan memperingati Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 mengambil tema Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan. Artinya peringatan Hardiknas menjadi momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan Ki Hajar Dewantara.

"Peringatan Hardiknas kali ini kita jadikan Momentum untuk melakukan muhasabah dan refleksi terhadap usaha - usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Mari kita satukan tekad untuk menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan dengan niat dan ikhlas serta usaha yang keras", kata Wali Kota saat membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Dijelaskan Wali Kota, salah satu bentuk penguatan terpusat pendidikan adalah pelibatan keluarga dalam mendukung sukses Pendidikan anak dan penguatan karakter. Artinya Guru, orang tua dan masyarakat harus menjadi sumber kekuatan untuk memperbaiki kinerja dunia pendidikan dan kebudayaan dalam menumbuhkan kembangkan karakter dan literasi anak - anak Indonesia.

"Tripusat pendidikan itu harus secara simultan menjadi lahan subur tempat persemaian nilai - nilai religius, kejujuran, kerja keras, gotong royong bagi para penerus kedaulatan dan kemajuan bangsa. Selain itu Reformasi sekolah, peningkatan kapasitas dan profesionalisme, kerikulum yang hidup dan dinamis, sarana dan prasarana serta teknologi pembelajaran yang mutakhir menjadi keniscayaan Pendidikan" Jelas Wali Kota.

Selanjutnya di akhir acara, Wali kota Medan menyerahkan piala bergilir kepada Pemenang lomba Suara Mars Pendidikan Kota Medan. Perlombaan ini telah dilakukan sebagai rangkaian peringatan Hardiknas.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com