Wali Kota Medan Bersama Kapolrestabes Medan Melakukan Tinjauan Kesejumlah Pasar

dibaca 164 pembaca

Wali Kota Medan Bersama Kapolrestabes Medan Melakukan Tinjauan Kesejumlah Pasar

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si bersama dengan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Dr. Dadang Hartanto, SH.SIK.M.Si, melakukan tinjauan ke sejumlah pasar yang ada di Kota Medan, Jumat (27/4). Peninjauan ini dilakukan untuk memantau harga dan ketersediaan bahan pokok makanan menjelang bulan suci Ramadhan. Sedikitnya ada tiga pasar yang ditinjau Wali Kota Medan beserta rombongan diantaranya pasar tradisional sikambing, pasar tradisional petisah dan pasar buah berastagi.

Tepat pukul 9.30 Wali Kota bersama rombongan tiba di pasar sei sikambing, Wali kota langsung mengecek harga bahan pokok yang tersedia. Dari data yang di peroleh, harga beras jenis IR berada di harga Rp.12.000/Kg, Gula Rp. 12.000/Kg, Minyak goreng Rp.11.000/liter, Kacang Rp. 21.000/Kg, dan telur Rp.1.400/butir. Selain itu untuk Cabe merah Rp. 30.000/Kg, Cabe hijau Rp. 20.000/Kg, Bawang Merah Rp.34.000/Kg, sedangkan untuk Bawang putih Rp.25.000 dan tomat Rp.6000/Kg. Sementara itu untuk daging sapi berada diharga Rp.110.000/Kg, Daging kambing 80.000/Kg, dan Ayam potong Rp.30.000/Kg.

Usai dari pasar sei sikambing, Wali Kota beserta rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke pasar petisah, dipasar ini harga juga masih relatif stabil tidak berbeda dengan yang ada di pasar sei sikambing. Dari hasil pantauan tersebut, Wali Kota menyebutkan harga sembako di pasar petisah dan sei sikambing masih relatif stabil, tidak ada ditemukan lonjakan harga. Begitu pun dengan ketersediaanya yang masih mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Harga relatif stabil, ada beberapa yang naik Rp.1000, dan ada juga yang mengalami penurunan, insya allah semua harga stabil."kata Wali Kota.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang bulan suci Ramadhan ini, Wali Kota telah berkoordinasi dengan Bulog untuk menyalurkan beras milik bulog, sebab ini merupakan kewajiban bagi para pedagang untuk menjual beras dari bulog.

"Pedagang jangan khawatir untuk memasarkan beras bulog karena kualitasnya juga bagus, bila tidak bagus boleh dikembalikan ke bulog."ujar Walikota.

Selanjutnya Wali Kota Medan melanjutkan perjalananya ke Pasar Modern Berastagi supermarket guna mengecek harga dan masa kadaluarsa. Dari hasil yang terpantau harga tidak jauh berbeda dengan harga pasar tradisional, serta tidak ditemukan pula barang makanan yang sudah kadaluarsa.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com