Ketua Dekranasda Kota Medan Terima Kunker Dekranasda Kabupaten Tapanuli Tengah

dibaca 37 pembaca

Ketua Dekranasda Kota Medan Terima Kunker Dekranasda Kabupaten Tapanuli Tengah

Ketua Dekranasda Kota Medan Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin, SH diwakili Kadis Perdagangan Kota Medan, Syarif Armansyah Lubis menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Pengurus Dekranasda Kabupaten Tapanuli Tengah di Aula Gedung Dharmawanita Kota Medan, Jalan Rotan, Medan Petisah, Senin (16/04). Kunker ini dilakukan dalam rangka bertukar informasi dan berbagi ilmu pengetahuan tentang  potensi kerajinan daerah. Rombongan Pengurus Dekranasda Kabupaten Tapanuli Tengah ini dipimpin Ketua Dekranasda, Citra Zulianda Sari Bakhtiar Ahmad Sibarani.

Dijelaskannya, Dekranasda Kabupaten Tapanuli Tengah sudah 5 tahun vakum, untuk itu sejak menjabat ketua, dirinya berkeinginan untuk menghidupkan kembali Dekranasda Kabupaten Tapanuli Tengah, sebab dinilai potensi sumber daya alam yang ada begitu besar jika dikembangkan menjadi kerajinan.

"Kehadiran kami ke Kota Medan merupakan Kunker pertama sejak diaktifkannya kembali Dekranasda Kabupaten Tapanuli Tengah. Artinya kami ingin belajar guna menambah ilmu dan pengetahuan untuk membuka wawasan tentang kerajinan daerah yang nantinya akan kami terapkan di Kabupaten Tapanuli Tengah", katanya.

Dijelaskan, Kabupaten Tapanuli Tengah memiliki 20 Kecamatan dan 150 Desa dengan laut yang begitu luas. Artinya potensi besar dimilik Kabupaten Tapanuli tengah, hanya saja saat ini kerajinan kami hanya sulaman benang emas dan pembudidayaan ikan Asin. Oleh Sebab itu kami melakukan kunker ke kota / kabupaten yang kerajinannya telah berkembang.

Ketua Dekranasda Kota Medan dalam sambutanya dibacakan Kadis Perdagangan Syarif Armansyah Lubis, mengucapkan Selamat datang ke Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara. Dijelaskannya Dekranasda Kota Medan membina dan mengembangkan kerajinan rakyat. 

"Kerajinan yang dikembangkan Dekranasda Kota Medan adalah kerajinan Membatik dengan hasil yang dikenal Batik Medan. Tidak hanya di kota Medan saja Batik Medan kini sudah dikenal di luar sumatera Utara, bahkan sampai ke luar negeri. Selain pembinaan kepada pelaku UMKM ada juga kerajinan yang dibina dan dikembangkan yakni seni melukis dengan bubuk teh dan bubuk kopi", Jelas Armansyah.

Selanjutnya rombongan Dekranasda Kabupaten Tapanuli Tengah mengunjungi Galeri Maharani yang merupakan galeri Batik Medan. Selain itu rombongan yang didampingi Pengurus Dekranasda Kota Medan mengunjungi Pusat Oleh - Oleh Kota Medan yang merupakan hasil UMKM. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Tempat melukis dengan Bubuk Teh dan Kopi.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan