Wali Kota Dukung KPU Medan Sukseskan Pilgubsu

dibaca 60 pembaca

Wali Kota Dukung KPU Medan Sukseskan Pilgubsu

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si mendukung upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan dalam menyukseskan Pilgubsu pada 27 Juni mendatang. Dia mengimbau segenap instansi di lingkungan Pemko Medan, termasuk di kelurahan maupun kecamatan, untuk ikut berperan dalam menyosialisasikan perhelatan demokrasi di kota ini.

Hal ini diungkapkan Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si saat menerima audiensi pihak KPU Medan, Senin (16/4) di rumah dinasnya. Hadir dalam audiensi itu Ketua KPU Medan, Herdensi Adnin didampingi anggota KPU Agusyah Damanik, Yenni Chairiah Rambe, Edi Suhartono, serta Sekretaris KPU Medan, Nikwan. Turut mendampingi Wali Kota Medan, Kabanlinmas Pol, Ceko Wakhda Ritonga, SH, Kadis Pertamanan dan Kebersihan, Husni,SE, M.Si, Kadis Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR), Ir. Sampurno Pohan, MT, Kabag Tapem Setdakot Medan, Syahrul Rambe.

Wali Kota menyatakan, kesuksesan Pilgubsu ini merupakan harapan bersama. Dan tentunya, Pemko Medan akan selalu mendukung upaya-upaya yang penting dalam menyukseskannya, termasuk untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

Ketua KPU Medan, Herdensi dalam kesempatan itu menyampaikan kepada Wali Kota Medan tentang Peraturan KPU No. 8 Tahun 2018 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara. Dalam Pasal 6 dan 7 disebutkan, setiap pemilih, baik yang memiliki undangan memilih atau tidak, mau pun yang tidak tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), wajib menunjukkan KTP Elektronik atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan untuk bisa memilih.

Dia mengatakan, ini merupakan aturan baru yang harus diketahui oleh segenap masyarakat yang telah memiliki hak pilih. Sosialisasi atas aturan ini dinilai penting untuk tidak menimbulkan kekisruhan di tempat pemungutan suara nanti.

"Selain itu juga kita juga mengundang Wali Kota Medan untuk menghadiri pergelaran seni budaya dengan tema Pemilih Berdaulat, Negara Kuat pada 21 April mendatang di Lapangan Pertiwi. Pergelaran ini juga sebuah upaya dalam meningkatkan partisipasi pemilih," ungkapnya.