Wali Kota Sampaikan LKPJ 2017 Kepada DPRD Medan

dibaca 309 pembaca

Wali Kota Sampaikan LKPJ 2017 Kepada DPRD Medan

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, M.Si menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Tahun Anggaran 2017, Senin (9/4) dalam rapat paripurna DPRD Medan. Rapat yang berlangsung di gedung dewan itu dipimpin Ketua DPRD Medan, Hendri Jhon Hutagalung dan ikuti pimpinan dan anggota dewan. Tampak hadir dalam paripurna itu Wakil Wali Kota, Ir. H. Akhyar Nasution, M.Si, Sekretaris Daerah, Ir. Syaiful Bahri dan segenap pimpinan Organisasi Perangkat Daerah dan para camat.

Dalam rapat tersebut Wali Kota menyampaikan, penyelenggaraan pemerintahan daerah selama 2017, khususnya di bidang pengelolaan keuangan daerah, dapat dikelola dengan efektif guna mendukung kebutuhan pembiayaan pembangunan kota secara berkelanjutan. Capaian realisasi pendapatan daerah, lanjutnya, sejalan dengan program-program intensifikasi dan ekstensifikasi yang terus dilakukan sehingga mendapat dukungan luas dari masyarakat. Dari sisi belanja daerah, sebut Wali Kota, pengelolaan keuangan daerah juga dapat diselenggarakan semakin efisien, efektif, dan ekonomis, berdasarkan prioritas pembangunan kota yang ditetapkan. Wali Kota menyatakan, belanja penyelenggaraan pemerintahan daerah secara keseluruhan tidak ada yang melewati pagu belanja program dan kegiatan sebagaimana ditetapkan dalam APBD.

Selain itu, kata Wali Kota, untuk menghindari pelaksanaan anggaran yang kurang tepat sasaran, juga dilakukan evaluasi kinerja secara berkala. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kemungkinan pemborosan atau kurang tepat sasaran dalam pengelolaan keuangan daerah. Dalam rapat itu, Wali Kota juga mengatakan, di samping berbagai keberhasilan yang cukup menggembitakan, Kota Medan juga masih menghadapi tantangan yang membutuhkan solusi yang terpadu pada masa mendatang. Di antaranya mewujudkan tertib dan kenyamanan lalu lintas seiring dengan bertambahnya moda transportasi, di samping terus mendorong peremajaan dan pengembangan sistem angkutan massal yang lebih baik pada masa mendatang.

Wali Kota juga menyebutkan, pembenahan, penataan, dan pemberdayaan terhadap pasar-pasar tradisional masih membutuhkan percepatan agar dapat menjadi sara ekonomos masyarakat yang sehat, sekaligus kompetitif , dengan berbagai skema pembiayaan yang dapat dikombinasikan. Usai mendengarkan pemaparan ini, Ketua DPRD Medan, Hendri Jhon Hutagalung, menskor rapat. Skorsing itu dilakukan untuk berkonsultasi dengan para pimpinan fraksi dan perangkat DPRD. Konsultasi ini melahirkan keputusan LKPJ Akhir Tahun Anggaran 2017 ini akan dibahas oleh sebuah panitia khusus. Hasil konsultasi ini disampaikan Ketua Dewan saat skor rapat dicabut. Dan seluruh anggota dewan menyetujuinya. Selanjutnya disepakati pula rapat akan dilanjutkan pada 23 April mendatang.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan