Wali Kota Buka Festival Nasyid

dibaca 261 pembaca

Wali Kota Buka Festival Nasyid

Wali Kota Medan, Drs. H.T. Dzulmi Eldin S, MSi diwakili Wakil Wali Kota Medan, Ir. H. Akhyar Nasution, MSi membuka Festival Nasyid/Seni Qasidah Tingkat Medan Tahun 2018, Senin (2/4) di Asrama Haji Medan. Dalam pembukaan festival yang dihadiri Kakan Kemenag Kota Medan, Al Ahyu, MA, Ketua MUI Kota Medan, Prof. Dr. Moh. Hatta, pimpinan organisasi perangkat daerah lingkungan Pemko Medan, ibu-ibu pengajian, Wali Kota menyampaikan kegiatan ini positif karena memacu kreativitas.

"Selain itu dapat menjadi wadah untuk menuangkan inovasi yang religius, yang pada gilirannya akan ditransformasi kepada umat lainnya," ujar Wali Kota dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Wali Kota.

Wali Kota memaparkan, Medan memiliki keragaman seni dan budaya. Salah satunya adalah seni nasyid atau qasidah. Seni ini, lanjut Wali Kota, memiliki peran ganda bagi umat manusia, khususnya bagi umat muslim, yaitu sebagai wadah kesenian dan pencerahan hati. Wali Kota juga menyebutkan, akhir-akhir ini, dengan berkembangnya teknologi komunikasi, budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian ini masuk ke negeri ini dan rentan mempengaruhi generasi muda. Harus ada kecerdasan menyikapi masuknya budaya asing tersebut jika tidak ingin terjadi sesuatu yang fatal.

"Nasyid atau qasidah ini diharapkan dapat membentengi diri dari pengaruh budaya luar, terutama yang tidak sesuai dengan budaya bangsa kita,"ungkapnya

Seni nasyid atau qasidah ini, sebut Wali Kota, mengajak manusia mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Karena itu sangat baik untuk dibudayakan agar dapat menjadi pendorong terwujudnya masyarakat yang religius di Medan. Di akhir sambutannya, Wali Kota berpesan kepada para juri agar bekerja dengan baik, memberi penilaian yang benar-benar adil. Tujuannya agar diperoleh pemenang yang benar-benar teruji.

"Apalagi para pemenang ini nantinya akan kita utus mengikuti festival nasyid/seni qasidah di tingkat provinsi," pesannya.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan