Gubsu dan Wali Kota Medan Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional di Lapangan Merdeka

dibaca 145 pembaca

Gubsu dan Wali Kota Medan Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional di Lapangan Merdeka

Gubsu, Dr. Ir. H.T. Erry Nuradi, MSi dan Wali Kota Medan, Drs H. Dzulmi Eldin S, MSi, dan Wakil Wali Kota Medan, H. Ir. Akhyar Nasution, M.Si dan Ketua PWI Sumut, H. Hermansyah, melepas Jalan Sehat Hari Pers Nasional, Minggu (25/3) di Jalan Pulau Pinang Medan.

Jalan Sehat ini diikuti ribuan peserta, termasuk para wartawan dan keluarganya. Kegiatan berlangsung dalam suasana keceriaan juga meriah. Apalagi Jalan Sehat ini juga diramaikan dengan aksi marching band.

Segenap pimpinam organisasi perangkat daerah lingkungan Pemko Medan juga ikut mendampingi Wali Kota Medan. Di antaranya Kadis Komunikasi dan Informatika, Zain Noval, SSTP, MAP, da Kadispora, Marah Husin.

Pada pagi cerah itu, masyarakat juga memanfaatkan momen Peringatan Hari Pers Nasional untuk meminta foto bersama dengan Wali Kota Medan.

Usai melepas Jalan Sehat, Wali Kota bersama Wakil Wali Kota juga Kadis Kominfo menghadiri Deklarasi Internet Media Sosial Sehat yang berlangsung di Jalan Bukit Barisan. Acara yang diselenggarakan komunitas Sahabat Polisi Medan ini juga dihadiri Kapolrestabes Medan, Kombes Dadang Hartanto, Ketua KPU Medan, Herdensi Adnin, juga Ketua Panwaslu Hendri Sitinjak.
Dalam acara itu, Wali Kota bersama Kapolrestabes, juga Wakil Wal Kota membuka acara itu dengan pelepasan drone dengan spanduk bertuliskan "Sahabat Polisi Medan Anti Hoax".

Dalam kegiatan ini, juga digelar talk show tentang media sosial sehat. Wakil Wali Kota bertindak sebagai salah satu narasumber.

Usai menjadi narasumber dalam talk show, Wakil Wali Kota mengikuti acara Peringatan Hari Pers Nasional Tingkat Sumut yang digelar di Pendopo Lapangan Merdeka.

Dalam acara itu, Gubsu mendapat penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai Anggota Kehormatan.

Ketua PWI Sumut, H. Hermansyah, mengatakan, dasar pertimbangan penghargaan tersebut mengingat Tengku Erry punya kontribusi cukup besar dalam mewu­jud­kan program dan renovasi gedung PWI Sumut melalui dana hibah, ter­masuk se­cara konsisten mendukung program-program PWI.

Anggota Kehormatan PWI merupa­kan status keanggotaan PWI yang memiliki legalitas dan legitimasi tinggi karena diatur secara tegas dan jelas di PD/ PRT PWI.

“Karenanya peng­har­gaan Anggota Kehormatan PWI ter­sebut bukan pemberian sembarangan, sebab melalui mekanisme organisasi yang cukup ketat sehingga bisa di­per­tang­gungjawabkan,” tegas Her­mansjah.

Sedangkan Gubsu Tengku Erry dalam sambutannya, menyampaikan apresiasinya atas penghargaan Anggota Kehormatan PWI. Diharapkan peringa­tan HPN menjadi momentum kebang­kitan pers di tengah tantangan cukup berat yang dihadapi pers saat ini. Apalagi media sosial pun cukup cepat mem­beri informasi ke masyarakat. Be­gitu pun, kualitas pemberitaan harus dija­ga secara konsisten sesuai Undang-Un­dang Pers dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) agar tidak bersentuhan dengan hukum.

PWI sebagai organisasi pers yang kompeten dan profesional senantiasa meningkatkan kompetensi dan profe­sionalitas anggota sehingga dipercaya masyarakat", ujar Erry.

Dalam acara itu, Gubsu didampingi Wakil Wali Kota juga mencabut doorprize berhadiah sepeda motor.

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com