ITDP Tawarkan Wali Kota Ikuti Sukses Kota Johannesburg TerapkanSistem BRT Di Medan

dibaca 132 pembaca

ITDP Tawarkan Wali Kota Ikuti Sukses Kota Johannesburg TerapkanSistem BRT Di Medan

Intitute For Transportation & Development Policy (ITDP) siap membantu Pemko Medan dalam menciptakan public sistem transport  yang baik sekaligus upaya mengurai  kemacetan yang terjadi di Kota Medan.  Salah satu tawaran yang diajukan untuk mengkonversi angkutan kota (angkot) dan taksi  dengan pengoperasian moda transportasi modern yakni Bus Rapid Transport (BRT) seperti yang telah sukses diterapkan di Kota Johannesburg, Afrika Selatan.

Rencana ini disampaikan Yoga Adiwinarto selaku Country Director ITDP Indonesia ketika diterima Wali  Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi di Balai Kota Medan, Rabu (21/3). Guna mendukung penerapan BRT di Kota Medan, Yoga senagja membawa Rehana Mossajee, mantan anggota Mayoral Committe For Transportation di Johannesburg.              

Dikatakan Yoga, kesuksesan Kota Johannesburg menerapkan BRT  sangat tepat untuk Kota Medan. Selain kondisi geofrafisnya sama, kultur dan watak masyarakat di Kota Johannesburg juga sama yakni keras. Bahkan, Yoga menilai watak warga  kota yang terbesar di Afrika Selatan tersebut lebih keras dari watak warga Kota Medan. Meski demikian penerapan BRT  sukses di kota dengan luas wilayah sekitar 269 km2 dengan penduduk 1,6 juta jiwa dengan 60 persen warga kulit hitam tersebut.

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi didampingi Kadis Perhubungan Kota Medan Renward Parapat dan Kepala Bappeda Wirya Al Rahman, sangat mengapresiasi tawaran yang disampaikan ITDP Indonesia tersebut. Apalagi ungkap Wali Kota, Kota Medan akan menerapkan sistem Light Rail Transit (LRT) dan BRT dalam upaya menata sistem transportasi sekaligus mengurangi kemacetan di ibu kota Provinsi Sumatera Utara.

“Kita mengucapkan terima kasih dan menyambut positif tawaran ini, tentunya bisa membantu kita dalam penerapan sistem BRT nantinya. Semoga kita dapat mengadopsi kiat kesuksesan Kota Johannesburg  menerapkan sistem BRT. Apalagi tipikal maupun watak masyarakat di sana sama dengan warga Kota Medan,” kata Wali Kota.

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com