Turki Tawarkan Program Kerjasama Ke Pemko Medan

dibaca 147 pembaca

Turki Tawarkan Program Kerjasama Ke Pemko Medan

Turki melalui Duta Besarnya yang ada di Indonesia berkeinginan menjalin kerjasama di berbagai bidang dengan Pemerintah Kota Medan. Hal ini terungkap saat Duta Besar Turki H.E.DR.M.K Sander Gurbuz bertemu dengan Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si, di Kantor Wali Kota Medan, Senin (19/3).

Sander Gurbuz, mengungkapkan Negara Turki memiliki sejumlah perusahaan besar yang bergerak di berbagai bidang seperti Infrastruktur, jalan tol, bandara, pelabuhan pembangkit listrik dan pariwisata. Bahkan, lanjut Sander, sektor pariwisata Turki merupakan no. 7 terbaik di dunia dan sangat terkenal. Selain di sektor pariwisata, Turki juga terkenal di sektor pendidikan. Banyak beasiswa dari pemerintah dan swasta yang dapat dipergunakan pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk belajar ke Turki.

Untuk itulah, Sander Gurbuz mengharapkan dari pertemuan ini terjalin sejumlah kerjasama antara Turki dengan Pemerintah Kota Medan sehingga diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi kedua negara.

"Kita ingin jalin sister city dengan Pemko Medan, diharapkan dengan adanya kerjasama ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi bagi kedua negara."kata Sander Gurbuz.

Sementara itu, Wali Kota Medan, Drs. H. T. Dzulmi Eldin S, M.Si, mengaku senang dengan kehadiran Dubes Turki ke Kota Medan. Wali Kota berharap dari pertemuan ini dapat semakin mempererat hubungan kedua negara.

"Kita berharap ini semakin mempererat hubungan kedua negara sehingga dapat saling membangun kedua bangsa."harap Wali Kota.

Pertemuan ini kemudian diakhiri dengan pemasangan kain songket dan topi khas melayu oleh Wali kota Medan kepada Dubes Turki dan dilanjutkan dengan foto bersama.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com