Pemko Tangerang Selatan Belajar ke Medan Soal Skema KPBU untuk Bangun LRT

dibaca 447 pembaca

Pemko Tangerang Selatan Belajar ke Medan Soal Skema KPBU untuk Bangun LRT

Wali Kota Medan Drs. H.T Dzulmi Eldin S, M.Si diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Setda Kota Medan Ir. Qamarul Fattah, M.Si menerima kunjungan Pemko Tangerang Selatan, Kamis (1/3) di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Medan. Rombongan tamu yang dipimpin Asisten Ekbang Setda Tangerang Selatan, Uus Kusnadi, SE, M.Si ini mempelajari pola skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) berkaitan dengan rencana pembangunan proyek Light Rapid Transit (LRT) .

Qamarul Fattah menyambut baik kedatangan kunjungan kerja Pemko Tangerang Selatan ini. Didampingi Kadis Perhubungan, Renward Parapat, ATD, MT, Qamarul mengatakan Pemko Medan telah melewati tahap feasibility study untuk rencana yang lebih matang lagi. Hasil studi kelayakan menunjukkan proyek ini memang layak dikerjasama dengan pihak ketiga melalui skema KPBU.

Menambahi penjelasan itu, Kadis Perhubungan, Renward Parapat, ATD, MT, menyebutkan, rencana pembangunan LRT Medan sendiri telah tercantum di dalam daftar Public Private Partnership (PPP) project 2017 atau proyek Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang disusun oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

Dia juga mengatakan, LRT Medan sendiri akan dibangun satu paket dengan pembangunan bus rapid transportation (BRT) Medan. Kedua moda transportasi itu akan saling terintegrasi untuk kelancaran transportasi di ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini. Pimpinan rombongan, Uus Kusnadi mengungkapkan rasa terima kasih atas pengalaman yang dibagikan Pemko Medan ini. Dia mengatakan, hasil kunjungan kerja di Pemko Medan ini akan menjadi bekal bagi mereka di Pemko Tangerang Selatan. Pertemuan yang berlangsung akrab itu diakhiri dengan saling memberi cendera mata antara Pemko Tangerang dan Pemko Medan.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan