Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Medan Diresmikan

dibaca 611 pembaca

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Medan Diresmikan

Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja (IPLT) Kota Medan, diresmikan penggunaannya oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Jumat (26/01). IPTL Kota Medan ini terletak di Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Cemara, Jalan Perkebunan,  Kelurahan Brayan Bengkel, Kecamatan Medan Timur.

Peresmian IPLT Kota Medan ini dihadiri Gubernur Sumut T Erry Nuradi, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSI,  Dirjen Kementeriannya PUPR, Anggota DPR RI dan DPD RI, Wakil Wali Kota Medan, Ir Akhyar Nasution dan Forkominda Provinsi Sumut dan Kota Medan.

Dijelaskan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR membantu Pemerintah Kota Medan untuk membangun IPTL Kota Medan pada tahun 2017. Dibangunnya IPTL Kota Medan ini dengan kapasitas 100 meter kubik per hari yang ditargetkan dapat melayani 50.000 rumah yang memiliki tangki septik individual maupun komunal yang terbangun di wilayah Kota Medan.

" Di seluruh Indonesia sudah ada 250 IPTL yang sudah dibangun. Kami berharap setelah adanya IPTL di Kota Medan, Pemko Medan dapat menjamin keberlanjutan Infrastruktur IPTL dengan langkah - langkah strategis, antara lain penambahan akses baik sambungan air minum maupun pelayanan pengurasan tangki septik, perbaikan kualitas tangki septik di tingkat rumah tangga dan inovasi pelayanan yang dapat mempermudah masyarakat mendapatkan akses sanitasi dan air minum" kata Menteri PUPR.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengatakan usai diresmikan IPLT Kota Medan, berharap masyarakat bisa memanfaatkan, kita rawat bersama sehingga lingkungan kita bersih terutama sanitasi air