Baznas Medan Salurkan Zakat Pada Warga Medan Selayang

dibaca 370 pembaca

Baznas Medan Salurkan Zakat Pada Warga Medan Selayang

Sebanyak 60 warga Kecamatan Medan Selayang menerima penyaluran zakat dan infaq, Rabu (27/12/2017) di halaman kantor Kecamatan tersebut. Dana yang disalurkan ini merupakan zakat yang ditunaikan warga melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan.

Acara penyaluran zakat ini juga dirangkaikan dengan syukuran atas keberhasilan Kecamatan Medan Selayang meraih Tunggul Kecamatan Terbaik se-Sumut.

Dalam perhelatan itu, sebanyak 30 siswa dari keluarga tidak mampu mendapat dana pendidikan masing-masing, untuk tingkat SD Rp. 500 ribu, SMP Rp. 750 ribu dan SMA Rp. 1.000.000. Sementara 30 KK dari keluarga tidak mampu mendapat bantuan masing-masing Rp. 300 rb, beras 5 kg dan minyak goreng 2 kg.

Dalam sambutannya, Camat Medan Selayang, Sutan Tolang, S.STP, M.SP mengungkapkan apresiasinya kepada jajarannya maupun masyarakat yang membayar zakat dan infaq melalui Baznas. Ini menunjukkan tingkat kepedulian sosial terhadap masyarakat yang tidak mampu. "Dalam rezeki kita ada hal orang lain. Kesadaran ini yang harus selalu bersemayam dalam diri. Kesadaran ini secara langsung juga mendorong realisasi salah satu program unggulan dari Kcecamatan Medan Selayang, yakni kepedulian sosial," papar Tolang.

Program inilah, lanjutnya menjadi sala satu peniliaian tim dari Pemprovsu sehingga Kecamatan Medan Selayang menjadi kecamatan terbaik di Sumut. "Selain itu kita juga punya program Medan Selayang Agro, Berhias, Smart, Sehat, Kreatif, Anti Narkoba," sebutnya.

Intinya, tanda Tolang, keberhasilan ini merupakan keberhasilan seluruh komponen masyarakat Medan Selayang.Tanpa dukungan dan partisipasi masyarakat, tidak mungkin keberhasilan ini diraih.

Pada kesempatan yang sama, salah seorang pengurus Baznas Medan. Drs. Palit Muda Harahap juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Kecamatan Medan Selayang yang ternyata terbesar dalam penghimpunan zakat. Hal ini membawa berkah dan terbukti kecamatan ini terpilih sebagai yang terbaik di Sumut.

Palit menyatakan, tidak ada orang yang susah karena membayar zakat, malah hidupnya menjadi berkah. "Zakat menumbuhkan rasa toleransi, mendekatkan diri pada Allah, dan menghilang sifat tercela," ungkapnya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan