Sambut Natal dan Tahun Baru 2018, Pemko Medan Gelar Pasar Murah di 53 Lokasi 

dibaca 256 pembaca

Sambut Natal dan Tahun Baru 2018, Pemko Medan Gelar Pasar Murah di 53 Lokasi 

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si membuka 53 titik pasar murah menyambut Hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 yang dipusatkan di Lapangan Carrefour, Kompleks Citra Garden, Kamis (14/12/2017). Pasar murah ini dibuka untuk masyarakat, khususnya yang kurang mampu guna memenuhi kebutuhan bahan pokok yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Pasar murah ini berlangsung selama 10 hari, mulai 14 sampai 24 Desember 2017. Berbagai produk dijual di pasar murah yang tersebar di 21 kecamatan ini, diantaranya beras, gula, tepung terigu, telur, mentega, kacang tanah, minyak goreng serta sirup. Harga jual di pasar murah ini lebih murah 20-30 persen dibanding harga pasar karena memang telah disubsidi oleh Pemko Medan. 

Saat membuka secara resmi pasar murah itu, Walikota Medan mengungkapkan, pengadaan pasar murah ini juga merupakan salah satu upaya Pemko Medan dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk menjalankan salah satu tugas pemerintah yakni menjaga stabilitas harga, terutama 9 bahan kebutuhan pokok sehingga terjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat. "Saya ingatkan panitia penyelenggara dan pihak terkait, khususnya camat, lurah serta kepala lingkungan agar benar-benar berperan aktif dalam mengawasi dan menyukseskan pelaksanaan pasar murah tersebut. Hal itu dilakukan agar pelaksanaan pasar murah ini tepat sasaran dengan harga yang telah ditentukan," kata Walikota.

Menurut Eldin, semua pihak selayaknya menjaga tujuan pasar murah ini tepat sasaran yakni meringankan beban warga yang tingkat ekonominya menengah ke bawah, terutama dalam memenuhi bahan pokok yang berkualitas guna menyambut Hari Natal dan Tahun Baru 2018. "Masyarakat Kota Medan, khususnya warga kurang mampu yang menyambut Natal dan Tahun baru agar dapat memanfaatkan pasar murah ini dengan sebaik-baiknya, ini merupakan bentuk dan komitmen Pemko Medan dan menjadi Program Medan rumah kita," ungkap Walikota.

Dijelaskan Walikota, pelaksanaan pasar murah ini terlaksana berkat dukungan Bulog serta distributor maupun produsen bahan pokok. Selain memberikan subsisidi. Untuk itu Walikota mengapresiasi dukungan yang diberikan Bulog untuk bahan pokok ini. "Saya berharap agar keberadaan pasar murah ini mampu menekan tingkat inflasi di Kota Medan. Sebab salah satu fungsi dan tugas Pemerintah adalah menjaga stabilitas harga terutama 9 kebutuhan bahan pokok masyarakat," harapnya. Pantauan di lokasi, harga produk di Pasar Murah Pemko Medan ini memang jauh lebih murah dibandingkan harga pasar. Misalnya Beras IR-64 hanya seharga Rp 8.950/Kg, Gula Pasir Rp 9.000/Kg, Tepung Terigu Rp 6.060/Kg, Telur Rp 945/butir, Kacang Kupas Super Rp 25.200/Kg, dan Blueband 200 Gram Rp 5.450/sachet. 


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan