Pemko Tasikmalaya Pelajari Smart City Kota Medan

dibaca 272 pembaca

Pemko Tasikmalaya Pelajari Smart City Kota Medan

Walikota Medan diwakili Sekda kota Medan Ir. Syaiful Bahri Lubis menerima kunjungan Pemerintah kota Tasikmalaya di Balai Kota, Rabu(13/12/2017). Kunjungan yang dipimpin langsung Walikota Tasikmalaya Budi Budiman, dalam rangka studi banding guna mempelajari perkembangan Smart City yang ada Kota Medan, sehingga nantinya akan diterapkan di Kota Tasikmalaya.

Kehadiran Tim dari Pemerintah Kota Tasikmalaya ini juga mempelajari Bagaimana tata cara Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) yang telah dilakukan Pemerintah Kota Medan melalui Kementerian Keuangan.

Dijelaskan Walikota Tasikmalaya, Saat ini Pemerintah Kota Tasikmalaya sedang meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan pembangunan Infrastruktur, salah satunya mengembangkan Smart City dan Program Kerja dengan Badan Usaha. Artinya Pihaknya menilai Medan merupakan salah satu Kota yang sudah menerapkan Smart City dengan baik. "Kunjungan kami ini untuk mempelajari Smart City dan Program Kerjasama pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Kota Medan sudah menerapkan Smart City dan diakui secara Nasional dengan mendapat Penghargaan dari Smart City Comunity ITB, tentu hal ini perlu kami pelajari untuk diterapkan di Kota Tasikmalaya", Jelasnya.

Selain itu Menurut Budi Budiman, Kota Tasikmalaya juga ingin belajar dengan Kota Medan tentang kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha melalui Kementerian Keuangan. Dimana saat ini Kota Medan sudah melakukan kerjasama tersebut. Artinya Kota Tasikmalaya membutuhkan kerjasama tersebut agar membantu pembangunan di Kota yang dikenal dengan Industri Kreatifnya.

Sekda Kota Medan Ir. Syaiful Bahri Lubis didampingi Asisten Ekbang Qamarul Fattah dan Pimpinan OPD, menjelaskan untuk Smart City, Kota Medan sudah menerapkan sejak tahun 2013, akan tetapi belum memaksimalkan. Di tahun ini Pemko Medan telah menganggarkan untuk pengembangan Smart City. "Bapak Walikota Medan sangat konsisten untuk pengembangan Smart City. Terbukti banyak daerah di Indonesia yang belajar ke Kota Medan, terutama dengan program E-Government, hal ini juga diakui oleh KPK. Akan tetapi kami terus berupaya memperbaiki kekurangan-kekurangan dari program Smart City" kata Sekda. Sedangkan untuk KPBU, Sekda menjelaskan Pemerintah Kota Medan saat ini tengah melakukan proses kerjasama tersebut, adapun proyek yang dikerjasamakan itu adalah pembangunan Rumah Sakit dr Pirngadi dan Pembangunan Light Rail Transit (LRT). Kerjasama tersebut melalui kementerian keuangan, artinya Penunjukan Badan Usaha yang akan bekerjasama nantinya ditunjuk Kementerian Keuangan melalui Proses Lelang. "Dengan semangat kerja, Saya yakin Kota Tasikmalaya dapat menerapkan Program Smart City dan Progam KPBU di Kota tersebut. Untuk lebih memahaminya, OPD dari Kota Tasikmalaya dapat langsung mempelajari berkasnya di Bappeda dan Dinas Kominfo", jelas Sekda.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com