Pemko Berpacu Wujudkan Medan Smart City

dibaca 418 pembaca

Pemko Berpacu Wujudkan Medan Smart City

Pemko Medan terus berupaya menjadikan ibu kota Sumatera ini menjadi smart city yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dan cepat kepada masyarakat.

Hal ini dikatakan Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan, Zain Noval S.STP, M.AP saat membuka Focus Discussion Group (FGD) bertemakan “Medan Menuju Smart City”, Rabu (13/12/2017) di Hotel Grand Kanaya Medan. “Langkah-langkah yang telah dan tengah dilakukan Pemko Medan diantaranya meningkatkan perangkat teknologi dan SDM yang andal serta mampu juga melahirkan regulasi untuk mendukung mewujudkan smart city,” ungkapnya dalam diskusi yang menghadirkan nara sumber Dekan Fisip USU Dr. Muryanto Amin S.Sos, M.Si, Tigor Hamonangan Nasution ST, MT, Ikhsan Siregar ST M Eng dan M. Anggia Muchtar ST, MM, IT itu.

Dia menyebutkan, FGD ini merupakan yang kedua kali. Yang pertama telah digelar pada 8 Desember pekan lalu. Noval pun sempat meriview beberapa point penting dalam diskusi lalu. Diantaranya, kondisi yang dibutuhkan untuk mewujudkan smart city itu antara lain sistem informasi yang baik, adanya pusat data (data centre), infrastruktur, keamanan jaringan infrastruktur, sumber daya manusia yang andal dan manajemen serta SOP.

Noval mengharapkan, diskusi yang diikuti oleh utusan dari kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ini dapat menghasilkan pemikiran baru. Diantaranya, soal regulasi berkaitan dengan upaya-upaya dalam mewujudkan smart city.

Dalam kesempatan itu, Noval juga mengemukakan, upaya yang dilakukan Pemko Medan dalam mewujudkan smart city ini juga telah mendapat perhatian dan apresiasi. Terbukti, lanjut Noval, Pemko Medan dalam hal ini Walikota Medan, pada Senin (11/12/2017) lalu menerima 9 penghargaan Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat. Penghargaan bergengsi ini diberikan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Dia menerangkan, sembilan award yang diraih dalam acara RKCI 2017 itu masing-masing untuk kategori Kota Besar dengan Rating Lingkungan Cerdas (Smart Evironment), Rating Kesiapan Infrastruktur (Infrastructure Readiness), Rating Mobilitas (Smart Mobility), Rating EkositemTeknologi Finansial, Rating Ekonmi Cerdas (Smart Economy), Rating Ekosistem Inovasi, Rating Ekonomi Kompetitif, Rating Sosial Cerdas (Smart Social), Rating Kesehatan Cerdas (Smart Health). “Diharapkan tahun mendatang, keempat belas penghargaan itu dapat kita raih. Salah satunya adalah soal regulasi tadi. Karena itu kita berharap, FGD ini juga dapat memberi semacam pemikiran soal regulasi yang perlu dilahirkan di Medan untuk mewujudkan smart city tersebut,” ucapnya.

Noval juga memaparkan, pada hari yang sama Pemko Medan juga telah menyatakan mendukung pelaksanaan Program “Penguatan Penerapan LAPOR Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N)” yang dilaksanakan oleh USAID Cegah  bekerjasama dengan TIM SP4N yang terdiri dari perwakilan Kementerian PAN & RB, Kantor Staf Kepresidenan dan Ombudsman RI.

Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional atau SP4N dibentuk untuk merealisasikan kebijakan “no wrong door policy” yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari manapun dan jenis apapun akan disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang menangani. Salah satu tujuan SP4N ini agar penyelenggara dapat mengelola pengaduan dari masyarakat secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi dengan baik. “Berkaitan dengan itu, kepada pihak-pihak kecamatan yang hadir saat ini, kami berharap segera mengirimkan nama-nama admin untuk mendukung pelaksanaan aplikasi LAPOR ini,” harap Noval.

Para admin ini, terang Noval, mempunyai tugas yang jelas. Pertama, pengaduan masyarakat dapat diterima dengan baik. Kedua, pengaduan itu ditindaklanjuti kepada instansi terkait. Ketiga, pengaduan tersebut mendapat tanggapan atau jawaban dari instansi terkait. “Kita berharap aplikasi ini efektif berjalan pada 2018,” ucap Noval seraya berharap akun media sosial di kecamatan maupun kelurahan juga gencar menyosialisasikan berbagai kegiatan pembangunan yang dilakukan di wilayah masing-masing.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com