DPRD Salatiga Belajar E-Government ke Pemko Medan

dibaca 124 pembaca

DPRD Salatiga Belajar E-Government ke Pemko Medan

Anggota DPRD Salatiga datang ke kantor Walikota Medan, Kamis (9/11), untuk mempelajari E-Government yang telah diterapkan di Pemko Medan. Kedatangan rombongan legislator dari Salatiga ini diterima oleh Staf Ahli Walikota Medan Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pulungan Harahap, SH, MSi. Selain soal E-Government, rombongan yang dipimpin oleh M. Faturrahman ini juga ingin mengetahui upaya yang dilakukan Pemko Medan dalam mengoptimalkan potensi daerah dan meningkatkan taraf penghasilan masyarakat. Keingintahuan ini mendapat jawaban memuaskan dari Pemko Medan.

Dalam pemaparannya, Pulungan Harahap mengatakan, memang Pemko Medan telah menerapkan prinsip-prinsip E-Government dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya pada bidang pelayanan publik. Dikatakannya, E-Government ini memanfaatkan perkembangan teknologi informasi dalam pelayanannya sehingga memungkinkan masyarakat bisa memperoleh informasi secara transparan dan terukur.

“Selain itu Pemko Medan juga telah menerangkan E-Planning yang nantinya tersinkronsisasi dengan E-Budgeting yang telah menjadi rujukan berbagai kota dan daerah di Indonesia,” ujar Pulungan.

Berkaitan dengan potensi daerah dan peningkatan taraf penghasilan masyarakat, Pulungan mengatakan, Pemko Medan sudah dan sedang melakukan pengelolaan dan pengembangan dalam sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Dia mengatakan, pemberdayaan UMKM diharapkan tumbuh dari masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat secara mandiri dalam tatanan ekonomi kerakyatan. Sedangkan peran pemerintah akan difokuskan pada fungsi regulasi dan fasilitasi untuk menciptakan struktur pasar dan persaingan yang sehat sebagai lapangan bermain bagi koperasi, pengusaha kecil dan menengah.

Pertemuan itu berlangsung secara dialogis dan penuh suasana kekeluargaan. Berbagai tanggapan dan pertanyaan legislator dari Salatiga ini mendapat jawaban yang setidaknya dapat menjadi bahan pertimbangan mereka untuk membuat kebijakan di Salatiga. Di akhir pertemuan juga dilakukan saling tukar cinderamata antara Pemko Medan dan DPRD Salatiga.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan