Pemko Medan Akan Majukan UKM Melalui Sistem Digital

dibaca 404 pembaca

Pemko Medan Akan Majukan UKM Melalui Sistem Digital

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si diwakili Kadis Koperasi dan UKM Kota Medan Emilia Lubis membuka Lazada UKMGO-Online Roadshow di Ruang Rapat III Kantor Walikota Medan, Rabu (8/11/2017). Acara ini bertujuan untuk mendukung dan memajukan industri lokal sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan menggunakan sistem ekonomi digital.

Emilia mengatakan, Lazada UKMGO-Online Roadshow ini digelar semata-mata untuk memajukan UKM di Kota Medan. Sebab, tahun 2020 seluruh pelaku UKM harus sudah menggunakan sistem digital baik dalam memasarkan produk maupun melakukan transaksi jual beli.

“Apabila pelaku UKM tidak menggunakan sistem digital ini, produk mereka tidak akan dikenal secara luas. Jadi para pelaku UKM yang mengikuti kegiatan ini akan diajarkan lebih mendalam bagaimana memanfaatkan marketplace online untuk usaha mereka,” kata Emilia.

Sadar akan pentingnya menggunakan sistem digital dalam memajukan UKM, Emilia mengaku Dinas Koperasi dan UKM Kota Medan telah beberapa kali memperkenalkan sistem digital kepada para pelaku UKM. Selain biayanya relatif sangat murah, jangkauan sistem ekonomi digital ini pun sangat luas.

Hasil kerjasama Lazada dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Herlando dalam laporannya mengatakan, salah satu program prioritas utama Kominfo akan berupaya mengajak seluruh pelaku UKM beralih dari sistem manual menjadi sistem digital dalam memasarkan produknya. Untuk itulah Kominfo, melakukan roadshow secara serentak di 13 kota di Indonesia, salah satunya Kota Medan.

"Target kita, tahun 2020 seluruh pelaku UKM sudah menggunakan sistem digital. Dengan demikian UKM benar-benar menjadi penopang perekonomian di Indoesia,” ujar  Herlando.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com