Walikota Medan Membuka Seminar Peran Persandian Dalam Mendukung Keamanan Cyber

dibaca 195 pembaca

Walikota Medan Membuka Seminar Peran Persandian Dalam Mendukung Keamanan Cyber

Walikota Medan Drs. H T Dzulmi Eldin S, MSi diwakili Asisten Pemerintah dan Sosial Drs. Musaddad Nasution membuka Seminar Peran Persandian dalam mendukung Keamanan Cyber di Hotel Grand Kanaya, Rabu (01/11). Seminar yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan ini diikuti 200 peserta dari masing - masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Seminar Peran Persandian ini dihadiri Kepala Dinas Kominfo diwakili Sekretaris Kominfo Mansyursyah S.Sos, MAP, Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfo Topan OP Ginting SSTP, Camat Medan Petisah Parlindungan Nasution, Para Narasumber dari Lembaga Sandi Negara Aswin Hadi Nasution SST MT dan Muhammad Rizki SaBan SST TP.

Walikota Medan dalam Sambutan tertulisnya menyambut baik kegiatan ini. Artinya melalui seminar peran Persandian ini para peserta dapat memahami betapa pentingnya menjaga informasi yang bersifat rahasia dan juga memahami bahwa Persandian adalah solusi untuk diterapkan dalam rangka menjaga kerahasiaan informasi tersebut.

"Seminar Persandian ini memberikan kesadaran akan kerawanan kebocoran informasi guna meningkatkan Security Awareness kepada OPD. Artinya dalam mengelola informasi perlu mengedepankan aspek preventif daripada represif, dengan cara meningkatkan kewaspadaan dan bersikap hati - hati sehingga dapat meminimalisir cyber crime yang dilakukan oleh pihak - pihak yang tidak bertanggungjawab", kata Musaddad.

Menurut Musaddad, Selaku Badan Publik kita memiliki tanggung jawab dalam menyebarkan informasi sesuai yang diamanahkan undang - undang keterbukaan informasi publik (UU KIP), namun informasi yang diberikan juga memiliki kriteria tertentu, ada yang bersifat rahasia ada yang bisa disebarluaskan.

"Data dan informasi yang kita miliki adalah aset organisasi yang juga harus diperhatikan dalam pengelolaannya. Untuk itu melalui kegiatan ini seluruh peserta yang berasal dari masing - masing OPD di lingkungan pemerintah kota Medan dapat menyelenggarakan tata kelola informasi yang aman melalui Persandian", ungkapnya.

Kepala Dinas Kominfo Zain Noval SSTP, MAP melalui Kabid Persandian Dinas Kominfo Topan OP Ginting SSTP mengungkapkan Seminar ini digelar dalam rangka menambah pengetahuan ASN lingkungan Pemko Medan di bidang Persandian dan cyber sehingga lebih mawas diri dan bijaksana dalam berkomunikasi.

"Seminar ini diikuti para PPID dari masing - masing OPD dan Kecamatan dengan jumlah 200 orang. Diharapkan para peserta yang mengikuti seminar ini dapat meningkatkan ilmu mereka di bidang Persandian", kata Topan.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan