Walikota Medan Buka Acara Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Dalam Demokrasi Program Pendidikan Politik Masyarakat

dibaca 96 pembaca

Walikota Medan Buka Acara Sosialisasi Peran Serta Masyarakat Dalam Demokrasi Program Pendidikan Politik Masyarakat

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si diwakili Kepala Badan Kesbangpol Kota Medan Ceko Wakhda Ritonga, SH membuka acara sosialisasi peran serta masyarakat dalam demokrasi program pendidikan politik masyarakat, di hotel Madani, Selasa (24/10/2017).

Sosialisasi yang diikuti oleh para tokoh masyarakat dan Kepala Lingkungan dikota Medan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman tentang pentingnya demokrasi dalam pendidikan politik masyarakat khususnya dalam menghadapi Pemilihan Gubenur yang akan diselenggarakan tahun 2018 mendatang.

Ceko Wakhda Ritonga, saat membacakan sambutan Walikota Medan mengatakan demokrasi merupakan mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya dalam mewujudkan kedaulatan rakyat atas negara untuk dijalankan oleh suatu pemerintahan. Di Indonesia sendiri, bentuk demokrasi yang diterapkan ialah melalui pemilihan umum, baik itu pemilihan kepala negara maupun kepala daerah.

Meskipun Indonesia menerapkan sistem demokrasi, namun Ceko berpendapat peran serta masyarakat dalam demokrasi masih tergolong rendah. Hal ini diakibatkan karena kurangnya kepedulian masyarakat terhadap penyelenggaraan pemilu, yang mengakibatkan timbulnya golongan putih. Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini, Ceko berharap para peserta nantinya dapat berperan serta dalam peningkatan partisipasi pemilih pada pemilihan kepala negara maupun kepala daerah, khususnya Pilgubsu yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 akan datang.

"Saya berharap melalui sosialisasi ini masyarakat dapat meningkatkan partisipasinya dalam pemilihan kepala daerah mendatang, karena pemilu bukanlah tanggung jawab KPU saja, melainkan sebagai hajat masyarakat Indonesia dalam menentukan masa depan daerah maupun negara kita." harap Ceko.

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber dari Fakultas Sosial dan Ilmu Politik USU, KPU Kota Medan dan Panwaslu Kota Medan.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan