Peringatan Hari Jantung Sedunia di Medan Meriah

dibaca 565 pembaca

Peringatan Hari Jantung Sedunia di Medan Meriah

Ribuan Masyarakat Kota Medan memperingati Hari Jantung Sedunia dilapangan Merdeka Medan, Minggu (01/10/2017). Peringatan Hari Jantung Sedunia ini diisi dengan kegiatan Senam Jantung Sehat yang dihadiri langsung Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumut Ny. Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin SH dan Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si.

Para Peserta Senam Jantung Sehat yang mengenakan pakaian Merah putih membuat suasana Peringatan Hari Jantung Sedunia di Kota Medan Sangat Meriah, mereka tampak serius mengikuti gerakan senam jantung sehat yang dibawakan instruktur senam profesional. Usai Senam para Peserta melanjutkan memeriksa kesehatan di stand - stand rumah sakit yang mengikuti Peringatan Hari Jantung Sedunia. 

Peringatan Hari Jantung Sedunia sekaligus Car Free Day ini semakin meriah ditambah dengan pembagian lucky draw kepada Peserta yang beruntung. Pembagian Lucky Draw ini diserahkan Ketua YJI Sumut Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin. Usai penyerahan Walikota Medan bersama Ketua YJI Sumut dan Wakil Walikota Medan langsung meninjau Stand Kesehatan dari berbagai rumah sakit di Kota Medan yang membuka pelayanan kesehatan gratis seperti pemeriksaan gula darah, jantung, klosterol dan hipertensi. 

Dalam kesempatan tersebut Hj. Rita Maharani Dzulmi Eldin yang juga Ketua TP PKK Kota Medan dinobatkan sebagai Duta Kawasan Tanpa Rokok (KTR). Diharapkan dinobatkan Istri Walikota Medan ini sebagai Duta KTR dapat menjadikan Medan semakin Sehat tanpa asap Rokok.

Peringatan Hari Sedunia di Kota Medan ini dihadiri Wakil Walikota Medan Ir. H. Akhyar Nasution M.Si, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkungan Kota Medan, Camat dan Lurah se-Kota Medan dan Para Pengurus YJI Cabang Utama Sumut, Pengurus TP PKK Kota Medan.

Selain senam jantung sehat,  peringatan Hari Jantung Sedunia yang merupakan hasil kerjasama Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Utama Sumatera Utara dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Medan juga dirangkaikan dengan Car Free Day (CFD), serta sosialisasi hidup sehat.

Dalam kesempatan itu Hj. Rita Maharani sempat memperagakan bagaimana cara memberikan pertolongan kepada seseorang yang mendapatkan serangan penyakit jantung tiba-tiba. Setelah itu ibu tiga anak yang terkenal murah senyum ini mengajak seluruh peserta untuk terus peduli dan menjaga agar terhindar dari penyakit pembuluh darah dan jantung.

Dihadapan ribuan peserta, Hj. Rita Maharani yang juga ketua TP PKK dan Dekranasda Kota Medan ini mengajak seluruh warga untuk mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah dan jantung. Selain rutin mengikuti senam jantung sehat, Hj. Rita tak lupa  memberi tips lima panca usaha yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain menerapkan pola makan yang mengandung makanan seimbang gizi, Hj. Rita juga mengajak untuk mengenyahkan rokok dari kehidupan sehari-hari. Lalu menghindari stress, kenali tekanan darah dalam tubuh serta berolahraga dengan teratur. “Jika lima panca ini diterapkan dalam kehidup sehari-hari, insya Allah akan terhindar dari penyakait pembuluh darah maupun jantung,” kata Hj. Rita.

Lantaran dinilai sangat gencar  menyuarakan larangan merokok untuk mendukung kesehatan jantung, Hj. Rita Maharani selanjutnya dinobatkan sebagai Duta Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Kota Medan. Penobatan ditandai dengan pengalungan bunga oleh dokter remaja.

Disela sela acara, Hj. Rita Maharani mendapat suprise, selain seluruh peserta menyanyikan lagu selamat ulang tahun, juga dihadirkan kue ulang tahun sebagai apresiasi sekaligus ucapan selamat ulang tahun kepada Hj. Rita Maharani yang baru merayakan hari kelahirannya beberapa hari lalu.

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si mengajak seluruh warga Kota Medan dengan peringatan Hari Jantung Sedunia ini untuk menjaga dan menyayangi kesehatan jantungnya. Sebab, tidak ada suku cadang organ tubuh yang bisa menggantikan jantung apabila sudah rusak. “Jika pun ada, harganya tentu sangat mahal. Selagi masih diberi nikmat kesempatan dan kesehatan, marilah kita berolahraga. Ingat, menjaga kesehatan lebih baik daripada mengobatinya,” ungkap Walikota.

Disamping itu imbuh Walikota lagi, selain gemar berolahraga, masyarakat juga diharapkannya sedikit demi sedikit untuk mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat dan baik lagi kedepannya. “iInilah yang dinamakanshare the power (berbagi kekuatan),” pungkasnya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan