Agar BPJS Kesehatan Tepat Sasaran, BPJS Kesehatan Bangun Aplikasi Aplicares

dibaca 316 pembaca

Agar BPJS Kesehatan Tepat Sasaran, BPJS Kesehatan Bangun Aplikasi Aplicares

Usma Polita Nasution, M. Kes memimpin rapat penyampaian program BPJS Kesehatan dalam membangun Aplicares agar penggunaan kartu BPJS kesehatan tepat sasaran, di ruang rapat II kantor walikota medan, rabu (27/9).

Pihak BPJS JKN menjelaskan Aplicares memiliki tujuan untuk memudahkan masyarakat agar peserta JKN dapat mencari faskes terdekat berdasarkan lokasi terdekat, memberikan infomasi profiling singkat tentang faskes, memudahkan FKTP dalam merujuk pasien sesuai kompetensi FKRTL, memberikan informasi ketersediaan rawat inap kepada peserta secara online dan akurat.

"dengan penambahan regulasi dibagian kesehatan seperti ini bisa dimanfaatkan untuk memperbaiki sistem pelayanan kepada masyarakat agar tidak ada lagi masyarakat yang miskin tidak mendapatkan kartu BPJS",ujar usma

Baru 62 Rumah sakit yang bergabung dengan BPJS Kesehatan sebagai Provider,  baru 21 RS yang tergabung didalam Aplicares dan 28 RS yang menggunakan Finger print bagi pasien. 

Aplicares dapat ditemukan dengan mengakses website BPJS Kesehatan dengan alamat www.bpjs-kesehatan.go.id. Melalui aplikasi tersebut diharapkan peserta JKN-KIS  tidak kebingungan lagi apabila ingin mendapatkan pelayanan. Selain itu, BPJS Kesehatan juga mendorong Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) seperti rumah sakit untuk transparan dalam memberikan informasi ketersediaan kamar 

Usma polita berharap agar pelayanan sesuai dengan indikasi medis dan memberi tindakan yg wajar sesuai kebutuhan pasien.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan