Walikota Medan Serahkan Kaki dan Tangan Pengganti

dibaca 401 pembaca

Walikota Medan Serahkan Kaki dan Tangan Pengganti

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si menyerahkan kaki dan tangan pengganti kepada 12 orang penyandang disabilitas, di RSU Royal Prima, Rabu (20/9/2017). Penyerahan kaki dan tangan pengganti ini merupakan hasil kerjasama Yayasan Surya Kebenaran Indonesia (YSKI), RSU Royal Prima dan Pemko Medan, yang diharapkan mampu membantu para penyandang disabilitas untuk dapat beraktifitas seperti masyarakat normal lainnya. Penyerahan kaki dan tangan pengganti ini turut dihadiri oleh Ketua Yayasan Surya Kebenaran Indonesia (YSKI), Drg. Annita, Komisaris Utama PT. Royal Prima, DR. dr. Nyoman E.Lichster, AIF M, M.Kes, Direktur Utama PT. Royal Prima, DR. Tommy Leonard, SH, M.Kn, Direktur Utama RSU. Royal Prima Medan, dr. Ali Nafiah Nasution,MKT, serta seluruh staff RSU. Royal Prima.

Walikota Medan dalam sambutannya mengatakan kebutuhan akan kaki dan tangan pengganti saat ini belum semua mampu dipenuhi. Selain karena faktor harga yang masih relatif tinggi, sebagian bahan bakupun masih harus di impor. Padahal kebutuhan akan alat bantu prostetik ini makin meningkat seiring banyaknya angka kecelakaan, kondisi bawaan serta berbagai penyakit yang membuat seseorang harus menggunakan alat bantu prostetik. Disamping itu lanjut Walikota, sebagian besar dari para penyandang disabilitas masih harus dibantu untuk dapat melaksanakan aktivitas harian mereka akibat ketiadaan fasilitas khusus disabilitas ini. Oleh karenanya, perhatian dari Pemerintah dan stakehokder sangat diperlukan dalam membantu para penyandang disabilitas ini. "Masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita lakukan, ini menjadi tugas kita bersama untuk mendukung dan mewujudkan kondisi ideal yang ramah bagi para penyandang disabilitas tersebut." kata Walikota.

Untuk itulah melalui penyerahan kaki dan tangan pengganti ini, Walikota berharap semakin tumbuh kesadaran di kalangan masyarakat Kota Medan untuk secara bertahap mulai memikirkan berbagai fasilitas khusus disabilitas ini, sebab Walikota meyakini, para penyandang disabilitas ini bukan orang yang mengharapkan untuk dikasihani, mereka hanya butuh diberikan kesempatan untuk dapat menunjukkan kualitas dan kapasitas diri mereka yang sebenarnya. "Semoga dengan penyerahan kaki dan tangan pengganti ini, para penerima mampu meningkatkan kualitas hidupnya sehingga mampu hidup lebih baik." harap Walikota.

Sebelumnya Ketua YSKI, Drg. Annita mengatakan pemberian bantuan kaki dan tangan pengganti ini diserahkan kepada 12 orang penyandang disabilitas yang sebelumnya telah dilakukan pengukuran, dan selanjutnya hari ini akan dilakukan pengukuran kembali kepada 13 orang penyandang disabiltas. "Sebelumnya kita telah mengukur sebanyak 12 orang, hari ini akan kita serahkan. Untuk selanjutnya kita akan mengukur 13 orang lagi." kata Annita.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan