Wakil Walikota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ababil Medan Zoo

dibaca 374 pembaca

Wakil Walikota Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Ababil Medan Zoo

Wakil Walikota Medan Ir. Akhyar Nasution M.Si meletakkan batu pertama dimulainya pembangunan Masjid Ababil  Medan Zoo Jalan Bunga Rampe, Kelurahan Simalingkar B, Kecamatan Medan Tuntungan, Selasa (19/9/2017). Pembangunan ini dilakukan karena kebutuhan yang sangat mendesak karena jumlah pengunjung yang datang semakin ramai, terutama pada hari libur sehingga tidak terhalang untuk melaksanakan ibadah shalat.

Pembangunan yang dilakukan ini untuk merenovasi Mushala Ababil menjadi Masjid Ababil yang berlokasi di halaman Medan Medan Zoo. Sebelumnya, Mushala Ababil hanya berukuran 7,8 x 9,8 meter. Belakangan seiring dengan terus meningkatnya jumlah pengunjung yang datang, mushala yang dibangun tahun 2005 itu tidak mampu lagi menampung pengunjung yang ingin melaksanakan shalat, terutama Shalat Jumat pada saat hari libur.

Akibatnya tidak sedikit pengunjung yang batal melaksanakan Shalat Jumat, sebab sekitar Medan Zoo tidak ada masjid maupun mushala. Disamping itu jika pengunjung ingin shalat diluar, mereka tentunya harus membeli tiket lagi jika ingin memasuki Medan Zoo. Persoalan inilah langsung disikapi oleh jajaran Direksi Medan Zoo untuk segera merenovasi mushala menjadi Masjid Ababil.

Oleh karenanya Wakil Walikota sangat mengapresiasi atas perenovasian tersebut. Dengan perluasan mushala menjadi masjid, Akhyar berharap dapat diikuti dengan memakmurkannya setelah selesai dibangun nanti. “Jangan biarkan rumah Allah yang udah berdiri dengan megah malah sepi yang beribadah didalamnya,” kata Wakil Walikota.

Apabila hal itu benar terjadi, Wakil Walikota mengatakan akan sia-sialah peletakan batu pertama pembangunan mushala menjadi masjid tersebut. “Insya Allah hal itu tidak akan pernah terjadi di Masjid Ababil nantinya,” harapnya.

Selain sebagai tempat melaksanakan shalat, mantan anggota DPRD Medan itu juga berharap Masjid Ababil ini nanti dapat juga dijadikan sebagai tempat berdakwah dan beribadah sambil tetap menjaga ukhuwah Islamiyah. Oleh karenanya Wakil Walikota mengajak semua ungtuk mendukung pembangunan Masjid Ababil tersebut. “Jika semua mendukung, Insya Allah pembangunan Masjid Ababil dapat secepatnya selesai. Dengan demikian para pengunjung yang datang kemari selain dapat menikmati rekreasi dan edukasi yang diperoleh dari Medan Zoo, mereka juga tidak terhalang untuk melaksanakan shalat, terutama Shalat Jumat.       

Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Ababil ini turut dihadiri Dirut PD Pembangunan Putrama Alkhairi, Direktur Kepatuhan bank Sumut Yulianto Maris, Kabag Agama Ilyas Halim, Camat Medan Tuntungan Gelora Kurnia Putra ginting, Balai Besar KSDA Sumut serta lurah, ulama dan tokoh masyarakat.              

Sementara itu 
menurut Dirut PD Pembangunan Putrama Alkhairi, pembangunan Masjid ababil ini dilakukan dalam upaya untuk mendukung kenyamanan para pengunjung yang datang di Medan Zoo sehingga semakin lebih banyak lagi yang mengunjungi kebun binatang milik Pemko Medan tersebut.

Bersamaan dimulainya pembangunan Masjid Ababil ini, Putrama mengatakan pihaknya telah menerima sejumlah bantuan dari pihak ketiga seperti semen dan batu bata. Dia berharap bantuan terus bertambah agar pembangunan masjid secepatnya rampung. “Dengan demikian pengunjung tidak terhalang untuk melaksanakan shalat, terutama shalat Jumat. Selain pengunjung, warga sekitar juga dapat melaksanakan ibadah shalat di Masjid Ababil,” ungkap putrama.

Disamping pembangunan Masjid Ababil untuk mendukung kenyamanan pengunjung yang datang, Putrama juga memaparkan, pihaknya juga telah melakukan penandatanganan sejumlah MoU, seperti dengan Kebun Binatang Ragunan Jakarta. Dalam MoU itu, jelasnya, Medan Zoo akan memberikan dua ekor harimau, sebaliknya pihak Ragunan akan memberikan 2 ekor orang hutan ditambah tikus raksasa dan burung pelikan. “Selain itu ada sejumlah MoU lagi yang kita lakukan. Intinya dengan MoU yang dilakukan ini, kita berupaya menjadikan Medan Zoo  lebih menarik sehingga lebih banyak lagi pengunjung yang datang. Kita juga punya mimpin menjadikan Medan Zoo sebagai salah satu ikon di kota Medan,” harapnya. 


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com