Minimalisir Genangan Air Medan Perjuangan Gencar Korek Parit

dibaca 384 pembaca

Minimalisir Genangan Air Medan Perjuangan Gencar Korek Parit

Kecamatan Medan Perjuangan terus melakukan pengorekan parit guna meminimalisir titik genangan air yang ada di wilayahnya. Setelah parit di Gang Tengah, Kelurahan Pahlawan, kini giliran parit di Jalan Permai Gang Selamat, Kelurahan Sidorame Timur yang dikorek, Rabu (13/9/2017). Selain mengalami sendimentasi akibat sudah lama tidak dilakukan pengorekan, parit juga tersumbat sudah lama tersumbat.

Untuk melakukan pengorekan, Camat Medan Perjuangan, Fahri Matondang kembali menurunkan sebanyak 35 petugas buser yang tergabung dalam Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (P3SU).  Pengorekan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, mereka menggunakan cangkul, sekop dan penggaruk untuk mengangkat lumpur bercampur sampah dari dalam parit.

Dijelaskan Fahri, kawasan Jalan Permai Gang Selamat ini merupakan salah satu titik genangan air yang ada di wilayah Kecamatan Medan Perjuangan. “Kondisi ini terjadi karena parit yang ada dipenuhi lumpur dan sampah. Akibatnya parit tidak berfungsi untuk mengalirkan air, terutama pada saat hujan sehingga menggenangi jalan maupun rumah warga,” kata Fahri.

Kondisi ini diperparah lagi karena permukaan parit hampir tertutup dengan beton. Hal itu tentunya semakin menyulitkan air hujan masuk dalam parit. Itu sebabnya tim buser sempat memecahkan sejumlah beton. Selain untuk jalan masuknya air, juga mempermudah dilakukannya pengorekan.

Meski dilakukan secara manual namun pengorekan yang dilakukan benar-benar efektif. Sedikit demi sedikit lumpur bercampur sampah yang selama ini mendiami dasar parit pun dikorek.  Lumpur hasil pengorekan selanjutnya diletakkan di tepi parit sebelum diangkut menuju lokasi pembuangan. “Lantaran masih basah, lumpur ini kita letakkan dulu dipinggir parit. Setelah kering sedikit langsung kita angkut menggunakan mobil ambulan sampah maupun gerobak sampah. Lumpur ini bisa kita gunakan untuk menimbun kawasan yang rendah sehingga tidak tergenang pada saat hujan turun,” jelasnya.

Prosen pengorekan berjalan dengan lancar. Parit yang semula mengalami pendangkalan dan penyumbatan kini telah dalam kembali. Bersamaan itu air parit pun perlahan-lahan mulai mengalir. “Insya Allah dengan pengorekan yang dilakukan ini, kawasan Jalan Permai Gang Selamat ini terbebas dari genangan air,” harapnya.

Fahri selanjutnya berpesan kepada Lurah Sidorame Timur beserta seluruh jajaran kepala lingkungan untuk rutin memantau kebersihan parit yang telah dikorek tersebut. Selain itu jangan pernah bosan untuk selalu mengajak warga agar selalu menjaga kebersihan parit dengan tidak membuang sampah sembarangan, terutama dalam parit. “Jika parit ini bersih tentunya mampu menampung debit air hujan sehingga tidak meluap seperti yang selama ini terjadi. Untuk itulah kita sangat mengharapkan dukungan penuh seluruh warga agar selalu menjaga kebersihan parit yang ada di depan rumahnya masing-masing. Alhamdulillah lagi jika warga rutin ikut membersihkannya, minimal sebulan sekali. Tentunya ini dapat mengatasi masalah genangan air yang selama ini dikeluhkan warga,” ungkapnya.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Jl. Kapten Maulana Lubis No 1 Medan
12740 Indonesia
Telp : 061-4535179
Fax: 061 - 4528124 (Sub Bagian Protokol)
Email:
kominfo@pemkomedan.go.id
medankominfo@yahoo.com