Walikota Medan Berbagi Hewan Qurban Di Tempat Tinggalnya

dibaca 69 pembaca

Walikota Medan Berbagi Hewan Qurban Di Tempat Tinggalnya

Moment Hari Raya Idul Adha 1438 H ini, juga dijadikan Walikota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S M.Si bersama Ketua TP PKK Kota Medan Hj Rita Maharani dan keluarganya untuk berbagi dan menyumbangkan hewan qurban di daerah tempat tinggalnya, di Masjid Amaliyah Komplek Citra Wisata Medan Johor, Sabtu (1/9).

Usai menjalankan Shalat Ied berjamaah di Lapangan Merdeka Medan dan bersilaturahmi di Rumah Dinasnya, Walikota Dzulmi Eldin bersama keluarga langsung menuju daerah tempat tinggalnya di Komplek Citra Wisata untuk merayakan hari raya ini bersama ribuan masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya.

Satu ekor Lembu sehat berukuran 400 Kg diberikan Walikota Medan untuk berbagi bersama masyarakat di daerah tempat tinggalnya.

Total sebanyak 24 ekor Lembu dan 7 ekor Kambing dijadikan sebagai hewan qurban di Masjid Amaliyah tersebut.

Mengenakan kemeja putih, Eldin hadir menyapa warga sekitar untuk bersama-sama menyaksikan jalannya proses penyembelihan hewan qurban miliknya yang berada pada nomor urut potong ke-20.

Pemotongan hewan qurban sendiri sudah dimulai sejak pukul 08.30 WIB, sedangkan hewan qurban Walikota dipotong pada pukul 11.30 WIB.

Warga tampak terkejut melihat kehadiran orang nomor satu di Kota Medan ini, mengingat di tengah-tengah kesibukannya melayani masyarakat Kota Medan, Walikota masih memberi waktu menyapa mereka yang bertetanggaan dengannya.

Di tempat tersebut Walikota merayakan semangat berkurban bersama masyarakat sekitar dengan mengajak warganya untuk mau berbagi dengan sesama yang membutuhkan.

Kapanpun dan dimanapun, ayo kita berbagi. Lihat kiri kanan sekitar kita, sudahkah kita membantu sesama ujar Eldin.

Menurutnya, hakikat qurban ini punya fungsi ibadah dan sosial, dimana pada fungsi ibadah, qurban untuk mencari ridho, rahmat Allah Swt dan mempertebal keimanan dan ketakwaan sebagai mahluk ciptaannya. Sedangkan pada fungsi sosial, qurban mencerminkan kesetiakawanan sosial yang merata pada lingkungan sosialnya.

Untuk itu dirinya berharap semangat berkurban yang dirayakan pada Hari Raya Idul Adha tahun ini bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, bukan hanya pada moment-moment tertentu saja.

Sama-sama kita renungkan bagaimana keiklasan hati seorang Nabi Ibrahim ketika ia hendak mengorbankan anaknya demi menjalankan perintah dan petunjuk dari Allah Swt.

Demikian juga kita harta benda yang kita punya di dunia ini sepenuhnya milik Allah dan hanyalah sementara.

Jadi jangan takut untuk berbagi rejeki dengan sesama seperti yang diajarkan Allah kepada kita umatnya,ungkap Eldin.

Proses pembagian daging qurban ini harapnya dapat berjalan dengan baik, panitia kiranya memastikan daging yang hendak di potong benar-benar dalam keadaan sehat sepenuhnya.

Selain itu pembagian daging qurban tersebut harus tepat sasaran kepada warga yang memang membutuhkannya.