Penyembelihan Hewan Qurban Pemko Medan Digelar di Seluruh Kecamatan

dibaca 66 pembaca

Penyembelihan Hewan Qurban Pemko Medan Digelar di Seluruh Kecamatan

Tahun ini, Pemko Medan melakukan penyembelihan hewan qurban di seluruh kecamatan. Jumlah hewan yang sudah terkumpul sampai saat ini sudah mencapai 54 ekor sapi. Sedangkan penyembelihan dilakukan seluruh kecamatan di Medan dan secara simbolis digelar di kecamatan Medan Timur. 

Hal ini terungkap dalam talkshow yang digelar I News TV bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika, Selasa (29/8/2017) di stasiun televisi swasta tersebut. Bertindak sebagai narasumber Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si juga Ketua MUI Medan Prof. M. Hatta dan Dr. Anshari Yamamah yang merupakan dosen pascasarjana UIN Sumut.

Walikota mengungkapkan, Pemko Medan juga menggelar takbiran pada malam Lebaran didepan kantor Walikota Medan. Besok paginya, baru digelar Sholat Idul Adha di Lapangan Merdeka Medan mulai pukul 07.15 sampai selesai. "Kita imbau, agar warga tetap mendengarkan khotbah Khatib. Jangan langsung pulang setelah sholat," imbau Walikota. 

Setelah menunaikan ibadah sholat Idul Adha dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Acara penyembelihan dilakukan diseluruh kecamatan yang ada di Medan, namun secara simbolis digelar di kecamatan Medan Timur. 

Dalam kesempatan itu Walikota Medan menyampaikan, hewan qurban itu sebelumnya telah diperiksa oleh Dinas Kesehatan Medan untuk mengetahui layak atau tidaknya disembelih. "Pemko Medan juga bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia Kota Medan untuk menentukan usia hewan qurban yang akan disembelih," sebut Walikota.

Walikota menyebutkan, agar distribusinya efektif hewan qurban itu dibagikan dan disembelih di kecamatan. Camatlah yang bertanggung jawab untuk membanggikan kepada masyarakat yang berada di wilayahnya. "Saya tekankan kepada para camat agar membagikan daging qurban dengan seadil-adilnya karena pelaksanaan qurban ini merupakan ibadah. Jadi, saya ingatkan kepada para camat, jangan sampai saya dengar terdapat permasalahan dalam pembagian hewan qurban," tandas Walikota. 

Walikota juga berharap, agar Idul Adha ini menjadi momen meresapi kembali perjuangan dan pengorbanan Nabi Ibrahim dan Ismail yang dengan iklas melaksanakan perintah Allah. "Kita dapat meneladani jiwa pengorban ini dan dapat meningkat keimanan serta kepedulian sosial."


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan