Walikota Medan Buka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tk.III Angkatan XIV dilingkungan Pemko Medan

dibaca 93 pembaca

Walikota Medan Buka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tk.III Angkatan XIV dilingkungan Pemko Medan

Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi secara resmi membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tk.III angkatan XIV dilingkungan Pemko Medan, di Gedung P4TK, Jl. Setia Budi, Kec. Medan Helvetia, Selasa (22/4).

Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan ini ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Walikota Medan secara simbolis kemudian di ikuti oleh seluruh peserta lainnya.

Dalam sambutannya,Walikota Medan mengatakan pendidikan dan pelatihan ini sangat penting dan strategis, sebab akan meningkatkan kompetensi dan kemampuan para peserta yang merupakan para pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kota Medan.

Seperti yang diketahui, jelas Walikota, Pejabat Struktural eselon III memainkan peranan yang menentukan dalam menangani isu-isu Nasional strategis yang memerlukan penanganan lintas lembaga atau wilayah, serta dituntut mampu untuk meningkatkan kinerja sektor atau wilayah yang dipimpinnya melalui penetapan visi atau arah kebijakan sektor dan wilayah yang tepat. Tentunya tugas ini menuntut para pejabat eselon III agar memiliki kemampuan dalam memimpin dan dapat memotivasi serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya pembangunan yang ada.

"Melalui pendidikan dan pelatihan ini, kita ingin para pejabat struktural eselon III di Pemko Medan dapat meningkatkan kompetensi kepemimpinannya sehingga mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik serta memiliki kompetensi kepemimpinan yang visioner, yaitu kemampuan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan strategis dan mempu memimpin peningkatan kinerja instansi melalui penetapan visi atau arah kebijakan yang tepat."ujar Walikota.

Disamping itu juga Walikota berharap agar para peserta dapat serius mengikuti pendidikan dan pelatihan ini serta menyerap semua materi yang diberikan selama pelaksanaan diklat berlangsung.

"Bila kita maknai diklat ini merupakan wadah bagi kita untuk menimbah ilmu, untuk itulah jadikan momentum ini untuk mengembangkan diri sehingga kita dapat menjadi pemimpin yang bermanfaat bagi masyarakat,"kata Walikota.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Sumber Daya manusia, Lahum,SH, MH dalam laporannya mengatakan tujuan diselenggarakannya pendidikan dan pelatihan ini ialah untuk meningkatkan kompetensi kepemimpinan dan membentuk pemimpin perubahan pada pejabat struktural eselon III yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

"Kita ingin para pejabat struktural eselon III yang ada dilingkungan Pemko Medan dapat menjadi teladan bagi bawahan dan pemangku kepentingan serta mampu melakukan kolaborasi secara internal dan eksternal dalam mengelolah tugas-tugas organisasi kearah pencapaian tujuan pembangunan nasional dan visi instansinya."jelas Lahum.

"Selain itu juga kita harapkan mereka ini mampu melakukan inovasi sesuai bidang tugasnya dan mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya yang ada."lanjutnya.

Pelatihan dan pendidikan Kepemimpinan Tk.III angkatan XIV ini di ikuti sebanyak 34 orang peserta,  yang di mulai dari tanggal 22 Agustus 2017 sampai dengan tanggal 30 November 2017.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan