Walikota Medan Hadiri Sosialisasi Satgas Saber Pungli

dibaca 132 pembaca

Walikota Medan Hadiri Sosialisasi Satgas Saber Pungli

Walikota Medan Drs. H. T. Dzulmi Eldin S. M.Si menghadiri Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar di Ballroom Hotel Santika Dyandra, Selasa (15/8/2017). Kegiatan yang digelar Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia ini guna menciptakan Pemerintahan Sumatera Utara yang bersih termasuk Pemerintah Kota Medan.

Sosialisasi Satgas Saber Pungli ini dihadiri Irwasum Polri Komjen Pol Drs. Dwi Priyatno SH, Gubernur Sumut Ir. H. T. Erry Nuradi M.Si, Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw, Ketua DPRD Sumut Wagirin, Perwakilan Pangdam I /BB, Bupati/ Walikota se-Sumatera Utara dan Pimpinan SKPD Lingkungan Pemprov Sumut dan Kota Medan.

Dikatakan Komjen Pol Drs. Dwi Priyatno yang juga Ketua Satgas Saber Pungli mengatakan Sosialisasi ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara maupun Pemerintah Kabupaten/ Kota yang ada di Sumut tentang Satgas Saber Pungli guna menghilangkan budaya pungli yang ada pada pelayanan publik. "Program ini merupakan bagian reformasi hukum yang termasuk dalam Program Nawacita yang digagas Presiden Jokowi. Diharapkan masyarakat Indonesia, dijauhi dari pungli khususnya ditempat pelayanan publik. Selain itu Kita tetap mendorong Pemerintah Sumut dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk memberantas Saber pungli", katanya.

Dijelaskan Dwi Jendral Bintang tiga ini, Saat ini Tim Satgas Saber Pungli telah menangkap 928 Kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kasus terbanyak ada pada alirab dana desa, pelayanan publik, bidang pendidikan, perizinan, dan kepegawaian. "Pemberantasan pungli yang kita lakukan hraus Tegas, Terpadu, Efektif dan memberikan Efek jera kepada pelaku. Oleh sebab itu Tim Satgas Saber Pungli di Daerah harus menjadi panutan dan berkomitmen dalam memberantas pungli", jelas Komjen Dwi.

Gubernur Sumut, Ir. H. T. Erry Nuradi M.Si mengungkapkan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara telah membentuk Satgas Saber Pungli yang diberi nama Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP). Tim ini telah bekerja dengan koordinasi dengan Tim Satgas Saber Pungli Pusat. "Selain Provinsi Sumatera Utara, Kabupaten Kota yang telah memiliki Tim Saber Pungli adalah Kota Medan, Tebing Tinggi dan Nias Utara. Diharapkan setelah Sosialisasi PerPres Nomor 87 tahun 2016 ini Kabupaten/ Kota yang belum membentuk Tim Saber Pungli dapat segera membentuk agar tercipta Pemerintahan yang transparan dan bersih", kata Gubsu.

Seperti Diketahui, Pemko Medan telah membentuk Tim Satgas Saber Pungli, dimana Walikota Medan sebagai penanggung jawab berkoordinasi dengan unsur Forkopimda Kota Medan. Sedangkan sebagai Ketua Pelaksana diketuai Wakapolrestabes Medan dan Wakapolresta Belawan serta unsur Kelompok kerja yang terdiri dari Pokja Unit Intelijen, Pokja Unit Pencegahan, Pokja Unit Penindakan dan Pokja Unit Yutisi.


Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan