Wali Kota Tinjau Kantor Camat Medan Selayang

dibaca 244 pembaca

Wali Kota Tinjau Kantor Camat Medan Selayang

Tanpa melakukan pemberitahuan, Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi  tiba-tiba mendatangi Kantor Camat Medan Selayang di Jalan Bunga Cempaka IX, Kelurahan Padang Bulan II, Senin (14/8) siang.  Kedatangan orang nomor satu di Pemko Medan itu untuk melihat secara langsung kinerja apraturnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Peninjauan ini dilakukan Wali Kota tanpa didampingi satu pun pimpinan SKPD. Selain pemantauan kinerja, mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan itu ingin melihat kondisi kantor serta kebersihan. Termasuk, ingin mengetahui sejauh mana pihak kecamatan memanfaatkan pekarangan yang ada sehingga terlihat indah, hijau dan memberikan hasil.

Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis didampingi Sekcam, Odie Batu Bara beserta sempat terkejut atas kehadiran Wali Kota yang mendadak tersebut. Keduanya langsung menyambut orang nomor satu di Pemko Medan tersebut. Wali Kota selanjutnyaa menuju ruangan  tempat pelayanan pembuatan surat keterangan sementara pengganti e-KTP.

Di ruangan tersebut, Wali Kota melihat sejumlah warga tengah menunggu giliran untuk mendapatkan surat keterangan sementara pengganti e-KTP.  Dari pantauan yang dilakukan, proses pelayanan yang dilakukan apratur Kecamatan Medan sudah cukup baik. Begitu warga datang dan menyerahkan data, petugas langsung meng-input/entry data yang diberikan tersebut.

Dalam hitungan menit, petugas langsung memprint (mencetak) surat keterangan pengganti e-KTP tersebut. Tanpa dipungut biaya, petugas pun menyerahkan surat keterangan pengganti e-KTP tersebut. Meski demikian Wali Kota belum puas, beberapa warga yang masih menunggu giliran pun ditanyai. Hasilnya semua puas, mereka umumnya mengatakan pelayanan yang diberikan sudah cukup baik.

Kepada Camat Medan Selayang, Wali Kota berpesan agar terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak perlu antri di Kantor Dinas kependudukan dan Catatan Sipil untuk mengurus surat keterangan pengganti e-KTP.

“Sosialisasikan kepada masyarakat bahwa sekarang pengurusan surat pengganti keterangan pengganti e-KTP dapat dilakukan di kantor camat. Selain prosesnya cepat, pengurusannya pun tidak dipungut biaya. Dengan sosialisasi yang dilakukan, warga dapat mengetahuinya sehingga mereka tidak perlu sampai antri dan menunggu di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” kata Wali Kota.

Kemudian Wali Kota juga berpesan agar seluruh jajaran Kecamatan Medan Selayang untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dingatkannya, jangan pernah sekali pun mempersulit masyarakat yang membutuhkan pelayanan.  Sebab, Wali kota yakin jika masyarakat merasa puas, mereka tentunya akan sukarela mendukung seluruh program pembangunan yang dijalankan.  “Jadi layanilah seluruh warga dengan sebaik-baiknya dan penuh keikhlasan,” pesannya.

Setelah itu dilanjutkan dengan peninjauan seluruh ruangan, Wali Kota sempat memberikan beberapa instruksi agar ruangan yang ada saat ini menjadi lebih baik lagi. Selanjutnya Wali Kota melihat perkarangan, termasuk halaman belakang yang dijadikan areal perkebunan. Selain bunga-bungaan, halaman belakang juga ditanami aneka tanaman produktif seperti semangka, jeruk lemon, timun, kacang tanah, terong markisa, bayam sawi, kangkung dan terong.

Wali Kota sangat mengapresiasinya, sebab pihak kecamatan tidak membiarkan perkarangan maupun halaman kantor terbengkalai. Untuk itu Wali Kota minta agar langkah yang telah dilakukan pihak kecamatan ini agar diteruskan kepada masyarakat sekitar.

“Apabila masyarakat juga memanfaatkan perkarangan mereka, tentunya bisa menghasilkan sehingga mereka tidak selalu harus membeli,  terutama sayuran. Untuk itu sosialisasikan kepada masyarakat dan beri penyuluhan sehingga tanaman yang ditanam tumbuh dan menghasilkan dengan baik,” pesannya.                                                      
Camat Medan Selayang, Sutan Tolang Lubis pun mengamini ucapan Wali Kota.  Dikatakannya, selama  ini dia pun telah mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. “Mudah-mudahan pelayanan yang kita berikan selama ini tidak ada yang mengecewakan masyarakat.  Jika ada yang kecewa, segera sampaikan dan pasti kita tindaklanjuti,” ujar Sutan.

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan